Penulis Utama : Agus Hardika
NIM / NIP : K2517004
×

Evaluasi kinerja lulusan program studi di dunia kerja merupakan salah satu indikator kualitas perguruan tinggi. Tingginya kinerja lulusan  dan relevansi dengan kebutuhan dunia kerja menandakan kualitas perguruan tinggi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi  kinerja lulusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (PTM UNS) di dunia kerja. Sehingga didapatkan hasil sebagai acuan prioritas pengembangan pembelajaran untuk mahasiswa di program studi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dilaksanakan melalui studi pelacakan (tracer study) data lulusan serta survey terhadap pengguna lulusan. Subjek penelitian ini meliputi lulusan PTM UNS yang wisuda pada tahun 2016, 2017 dan 2018 sebagai sumber pelacakan data lulusan dan pengguna lulusan yang berjumlah 80 sebagai sumber data survey kepuasan  dan tingkat kepentingan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dirumuskan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode pengisian angket instrumen kuesioner. Analisis dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan aplikasi pengolah data SPSS V.21.
Hasil penelitian ini menunjukan data profil lulusan PTM UNS yaitu rata-rata lulusan lulus dengan predikat sangat memuaskan (IPK 3,46) dengan masa studi rata-rata 4 tahun 2 bulan. Sebagian besar (56%) bekerja sebagai pendidik, dengan tingkat kesesuaian pekerjaan dengan bidang ilmu 47,5% tinggi; 38,9% sedang dan sisanya 13,6% rendah. Waktu tunggu pekerjaan pertama setelah lulus rata-rata kurang dari 6 bulan (76,5%).  Selanjutnya untuk hasil survey kepuasan pengguna lulusan, rata-rata kepuasan total adalah 4,28 (sangat memuaskan). Dengan tingkat kepentingan dari 12 poin Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), 11 diantaranya masuk pada kategori sangat penting dan satu masuk kategori penting (T8). Secara objektif memang menunjukkan pengguna puas dengan kinerja lulusan, namun secara subjektif peneliti perlu memberikan usulan prioritas pengembangan pada program studi didasarkan pada nilai tingkat kepuasan yang berada dibawah nilai rata-rata total. Kesimpulannya pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lulusan program studi PTM UNS telah baik atau memuaskan. Namun perlu adanya program peningkatan kualitas kinerja lulusan pada aspek komunikasi dan profesional. Harapannya program studi mampu melakukan peningkatan kualitas kedua aspek tersebut melalui peningkatan kualitas pembelajaran, sarana prasarana dan fasilitas pembelajaran serta peningkatan kualitas tenaga pendidik/dosen. .

Kata Kunci: Evaluasi, Studi Pelacakan, Kinerja Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

×
Penulis Utama : Agus Hardika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517004
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Kinerja Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta di Dunia Kerja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2517004
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T
2. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.