Penulis Utama : Fitri Ummi Sholechah
NIM / NIP : K8116030
×

Fitri Ummi Sholechah. K8116030. Pembimbing I: Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum. Pembimbing II: Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd. PROFIL SOPAN SANTUN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK GUGUS MAWAR BATUWARNO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

 Anak usia 5-6 tahun masih dalam fase golden age bagi anak, dimana perkembangan anak sangat pesat apa yang dilihat, didengar dan diajarkan kepada anak akan ditirukan semua tanpa tahu itu baik atau buruk. Perkembangan nilai moral dalam sopan santun berbicara ini sangat penting dimiliki oleh anak. lingkungan dan pembiasaan yang baik akan mencetak pribadi anak yang baik pula, begitupun lingkungan yang buruk dan kurangnya pembiasaan akan membentuk pribadi anak yang buruk.

            Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui profil sopan santun berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Gugus Mawar Batuwarno. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Gugus Mawar Batuwarno. Sampel yang digunakan sejumlah 49 anak dengan teknik pengambilan sensus. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dengan menggunakan skala Likert yaitu (1) untuk jawaban tidak pernah melakukan (2) Jarang melakukan (3) Kadang-kadang melakukan dan (4) Sering melakukan, yang dibagikan kepada orang tua /wali anak didik guna untuk mengetahui perilaku sopan santun berbicara anak usia 5-6 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menyajikan presentase dan histogram.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sopan santun berbicara anak usia 5-6 tahun dari indikator 1 dengan jawaban terbanyak skor 3 49% (24 anak), indikaotor 2 dengan jawaban terbanyak skor 3 38,8% (19 anak), indikaotor 3 dengan jawaban terbanyak skor 3 34,7% (17 anak), indikator 4 dengan jawaban terbanyak skor 3 28,6% (14 anak), indikator 5 dengan jawaban terbanyak skor 3 42,9% (21 anak), indikator 6 dengan jawaban terbanyak skor 3 53,1% (26 anak), indikator 7 dengan jawaban terbanyak skor 3 51% (25 anak). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa sopan santun berbicara anak usia 5-6 tahun menunjukkan hasil perkembangan yang bervariasi, dalam pembiasaannya ada optimal dan ada yang belum optimal. Dari Tujuh indikator sopan santun berbicara anak usia 5-6 tahun yang sudah optimal dengan skor 4  terbanyak yaitu indikator mengucapkan terima kasih 30,8% dan indikator tidak berkata kotor 38,8%. Indikator yang belum optimal dengan skor 1 terbanyak yaitu indikator mengucapkan permisi 26,5%.

 

 

 

×
Penulis Utama : Fitri Ummi Sholechah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116030
Tahun : 2023
Judul : Profil Sopan Santun Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gugus Mawar Batuwarno
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sopan santun berbicara, usia 5-6 tahun, profil
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd
2. Jumiatmoko, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.