Penulis Utama : Aam Yuliyanto
NIM / NIP : K1316001
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sragen dalam menyelesaikan soal terkait rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus yang ditinjau dari kemampuan awal siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 6 siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Sragen yang diambil dengan snowball sampling. Pengumpulan data dengan wawancara berbasis tugas. Uji validitas data dengan triangulasi waktu. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil Penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Siswa dengan kemampuan awal tinggi melakukan: (1) Transformation Error, karena tidak hafal dengan rumus setengah sudut, (2) Encoding Error, disebabkan siswa kurang teliti dalam menuliskan dan memeriksa kembali jawaban yang ditulis, (3) Carelessness, siswa kurang fokus dan seperti terburu-buru saat menyelesaikan soal. Siswa dengan kemampuan awal sedang melakukan: (1) Transformation Error, disebabkan oleh kurang paham dengan materi prasyarat, tidak hafal rumus setengah sudut, sekedar menghafal langkah pengerjaan, (2) Process Skill Error, disebabkan oleh kurang matangnya pemahaman siswa terhadap konsep perhitungan untuk mencari nilai trigonometri suatu sudut pada kuadran tertentu. Kemudian siswa dengan kemampuan awal rendah melakukan: (1) Comprehension Error, disebabkan karena sangat kurangnya pemahaman siswa pada materi prasyarat kelas X tentang konsep dasar trigonometri dan kurang berkonsentrasi saat mengerjakan soal, (2) Transformation Error, disebabkan karena kurangnya pemahaman pada materi prasyarat dan materi rumus jumlah selisih sinus dan cosinus lalu karena kebiasaan siswa yang sekedar menghafal atau menyalin langkah-langkah pada pekerjaan sebelumnya, (3) Process Skill Error, disebabkan oleh kurang memahami prosedur untuk mencari nilai sinus, cosinus atau tangen suatu sudut di kuadran tertentu lalu siswa juga kurang terampil dalam melakukan operasi perhitungan pada akar dan pangkat.

Kata Kunci: Analisis kesalahan, kemampuan awal, trigonometri

 

×
Penulis Utama : Aam Yuliyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316001
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen dalam Menyelesaikan Soal Terkait Rumus Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1316001
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yemi Kuswardi. S.Si, M.Pd
2. Yemi Kuswardi. S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.