Penulis Utama : Ryan Suryandi Pratama
NIM / NIP : B3218052
×

Desa Wisata Adiluhur adalah salah satu desa wisata yang terletak di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen. Desa Wisata Adiluhur  dikelola oleh masyarakat Desa Adiluhur yang diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES Mulia Jaya). Pengelola Desa Wisata Adiluhur saat ini terus berupaya melakukan aktivitas promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan karena pada tahun 2019 hingga 2021 Desa Wisata Adiluhur mengalami penurunan jumlah pengunjung sebanyak 89,1% akibat pandemi Covid 19.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi di Desa Wisata Adiluhur, wawancara bebas dengan ketua pengelola Desa Wisata Adiluhur, seksi bidang promosi, pengunjung dan warga sekitar. Selain itu mengambil studi dokumen atau pengumpulan data yang diperlukan untuk memperjelas penulisan, dan studi pustaka sebagai pendukung data-data informasi seperti foto, maupun dokumen elektronik.
Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas promosi yang dilakukan pengelola Desa Wisata Adiluhur dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, aktivitas promosi yang dilakukan pengelola di antaranya yaitu periklanan menggunakan media dalam jaringan dan media luar jaringan, penjualan personal, promosi penjualan, publisitas menggunakan media sosial dan promosi word of mouth atau dari mulut ke mulut. Selain itu mengetahui faktor penghambat aktivitas promosi Desa Wisata Adiluhur dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan seperti keterbatasan dana untuk promosi, beberapa aktivitas promosi yang tidak optimal, kurangnya kontribusi masyarakat Desa Adiluhur dan kurangnya perhatian dari pemerintah Desa Adiluhur. Untuk faktor pendukungnya yaitu bantuan media sosial untuk promosi, bermitra dengan beberapa perguruan tinggi dan bantuan promosi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu beberapa aktivitas promosi yang dijalankan oleh pengelola Desa Wisata Adiluhur sebagian sudah optimal dalam meningkatkan kunjungan wisatawan seperti periklanan menggunakan media dalam jaringan dan publisitas menggunakan beberapa media sosial. Disamping itu dalam melakukan aktivitas promosi masih terdapat berbagai hambatan yang perlu dihadapi pengelola dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Kata Kunci : Aktivitas, Promosi, Desa Wisata Adiluhur, Meningkat, Wisatawan

 

×
Penulis Utama : Ryan Suryandi Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218052
Tahun : 2021
Judul : Aktivitas Promosi Sebagai Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Adiluhur Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218052
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST., M.Sc.
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.