Penulis Utama : Bambang Suwandana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor penentu penerimaan retribusi pengelolaan Pasar Kota Surakarta tahun 2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1101008-2005
Subyek : RETRIBUSI DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian adalah untuk mencari jawaban terhadap beberapa masalah yaitu mengenai sumbangan dari masing-masing pos penerimaan Retribusi Pengelolaan Pasar terhadap keseluruhan penerimaan Retribusi Pengelolaan Pasar dan peranan retribusi pengelolaan pasar terhadap Retribusi Daerah serta faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap penerimaan Retribusi Pengelolaan Pasar di kota Surakarta.

Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesisi sebagai berikut, pertama, diantara penerimaan retribusi yang dianalisis penerimaan retribusi pasar diduga mempunyai peranan terbesar terhadap penerimaan retribusi pengelolaan pasar di Kota Surakarta. Kedua, peranan retribusi pengelolaan pasar terhadap penerimaan retribusi daerah diduga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ketiga, Peranan retribusi pengelolaan pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah diduga mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Keempat, variabel-variabel seperti jumlah pedagang pasar dan PDRB diduga berpengaruh secara signifikan dan mempunyai hubungan positif terhadap penerimaan Retribusi Pengelolaan Pasar. Sedangkan jumlah petugas penarik retribusi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah penerimaan retribusi pengelolaan pasar.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam analisis kuantitatif adalah model regresi linier berganda.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kontribusi retribusi pasar sangat besar terhadap penerimaan retribusi pengelolaan pasar, hampir 90% lebih. Ini menunjukkan bahwa komponen utama penerimaan retribusi pengelolaan pasar adalah retribusi pasar. Kontribusi retribusi pengelolaan pasar terhadap retribusi daerah relatif meningkat dari tahun ke tahun, namun pada tahun 1999 mengalami penurunan dari 38,09% menjadi 35,71% pada tahun berikutnya. Sedangkan kontribusi retribusi pengelolaan pasar terhadap pendapatan asli daerah cenderung menurun dari tahun ke tahun, namun pada tahun 2001 mengalami peningkatan dari 17,35% menjadi 18,54%. Rata-rata kontribusinya masih dibawah 20%.

Hasil analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F, dan R2 menunjukkan bahwa variabel jumlah pedagang pasar dan PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah penerimaan retribusi pengelolaan pasar. Variabel jumlah petugas penarik retribusi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah penerimaan retribusi pengelolaan pasar. Sedangkan variabel jumlah penduduk tidak signifikan terhadap jumlah perimaaan retribusi pengelolaan pasar korelasi Surakarta. Dari ketiga variabel tersebut yang paling dominan berpengaruh adalah jumlah pedagang pasar. Uji F menunjukkan bahwa semua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap jumlah penrimaan retribusi pengelolaan pasar. R2 =0,788 artinya bahwa variasi variabel jumlah jumlah penerimaan retribusi pengelolaan pasar sebesar 78,8% dijelaskan oleh perubahan variabel jumlah pedagang pasar, jumlah penduduk, jumlah petugas penarik retribusi dan PDRB.

Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa peranan retribusi pasar sangat besar terhadap penerimaan retribusi pengelolaan pasar dengan rata-rata kontribusi sebesar 94,9% pertahun, kontribusi pengelolaan pasar terhadap penrimaan daerah cenderung meningkat dan kontribusi retribusi pengelolaan pasar terhadap pendapatan asli daerah cenderung menurun serta variabel yang berpengaruh signifikan terhadap penrimaan retribusi pengelolaan pasar adalah jumlah pedagang pasar, jumlah petugas penarik retribusi dan PDRB. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran kepada Pemerintah Daerah Kota Surakarta untuk lebih mengembangkan sector unggulan dengan cara menggali potensi penerimaan pasar pada sejumlah pasar yang potensial di Kota Surakarta dan untuk melakukan efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan penarikan retribusi pada pedagang pasar. Demikian juga perlu adanya tertib administrasi, sehingga mengurangi adanya penyimpangan dan mempermudah pengawasan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis