Penulis Utama : Yesika Heni Herwanto
NIM / NIP : F0317112
×

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan serta perbedaan karakteristik perusahaan yang menerbitkan Laporan Keberlanjutan secara terpisah dengan perusahaan yang menerbutkan Laporan Keberlanjutan menjadi satu bagian dengan Laporan Tahunan atau tidak terpisah. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Perbandingan Kasus pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk (INTP) dan PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk (SMBR) periode 2018-2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa INTP yang menerbitkan Laporan Keberlanjutan secara terpisah dengan pedoman pelaporan GRI Standards 2018 dan POJK Nomor 51/POJK.03/2017 memiliki tingkat kuantitas dan kualitas pengungkapan lebih tinggi dibandingkan SMBR yang menerbItkan Laporan Keberlanjutan menjadi satu bagian dengan Laporan Tahunan atau tidak terpisah dengan pedoman pelaporan SEOJK Nomor 30/SEOJK.04/2016. Karakteristik perusahaan yang dilihat dari segi pemegang saham pengendali, kinerja perusahaan, dan penghargaan CSR yang dimiliki menunjukkan bahwa INTP merupakan perusahaan dengan saham pengendali perusahaan asing, sedangkan SMBR dengan saham pengendali pemerintahan, kemudian terkait kinerja perusahaan yang dilihat dari kinerja keuangan dan kinerja pasar, INTP memiliki kinerja keuangan dan kinerja pasar yang cukup baik dibandingkan SMBR, penghargaan yang dimiliki INTP juga menunjukkan bahwa perusahaan menyusun dan menerbitkan Laporan Keberlanjutan secara terpisah dengan sangat baik, sedangkan SMBR penghargaan yang diraih lebih berkaitan dengan aktivitas CSRnya.
Penelitian ini diimplikasikan untuk menambah informasi dan wawasan bagi perusahaan tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Keterbatasan penelitian ini yaitu penelitian ini tidak meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menyusun Laporan Keberlanjutan baik secara terpisah maupun menjadi satu bagian menjadi Laporan Tahunan atau secara tidak terpisah, serta faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam memilih model pelaporan tanggung jawab sosial dan lingkungan, sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian uji hipotesis terkait faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menyusun Laporan Keberlanjutan baik secara terpisah maupun menjadi satu bagian dengan Laporan Tahunan atau tidak terpisah, serta mampu menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi perusahaan dalam menentukan model pelaporan terkait Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Kata Kunci: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Laporan Keberlanjutan, GRI Standards 2018, POJK Nomor 51/POJK.03/2017, SEOJK Nomor 30/SEOJK.04/2016, Kuantitas dan Kualitas Pengungkapan

 

×
Penulis Utama : Yesika Heni Herwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0317112
Tahun : 2021
Judul : Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang Menerbitkan Laporan Keberlanjutan Secara Terpisah dan Tidak Terpisah dengan Laporan Tahunan: Studi Perbandingan Kasus PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk (INTP) dan PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk (SMBR) Tahun 2018-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F0317112
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bambang Sutopo, M.Com.,Ak
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.