Penulis Utama : Bondan Ajidewantara
NIM / NIP : K2317014
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan panduan eksperimen materi Fluida Statis berbasis konflik kognitif bagi mahasiswa pendidikan fisika berkriteria baik; (2) Mendeskripsikan spesifikasi panduan eksperimen materi Fluida Statis berbasis konflik kognitif untuk mahasiswa pendidikan fisika yang dikembangkan.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development), berdasarkan model ADDIE. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran panduan eksperimen hanya dilakukan pada tahap ketiga dari 5 tahap yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang dosen ahli, 4 orang peer reviewer, dan 117 mahasiswa angkatan 2018, 2019, serta 2020 program studi pendidikan fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Hasil pengembangan panduan eksperimen dari ahli mendapat rerata skor 152 yang memenuhi kriteria sangat baik, dari peer reviewer mendapat rerata skor 164,00 yang memenuhi kriteria sangat baik, uji satu-satu mendapat rerata skor 153,33 yang memenuhi kriteria sangat baik, uji kelompok kecil mendapat rerata skor 160,92 yang memenuhi kriteria sangat baik, dan uji lapangan mendapat rerata skor 162,54 yang memenuhi kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa produk akhir dari panduan eksperimen yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik. (2) Spesifikasi akhir panduan eksperimen yang dikembangkan adalah berbasis pada model discovery learning dan strategi konflik kognitif, panduan juga disesuaikan dengan pembelajaran daring materi fluida statis dengan menerapkan pendekatan saintifik. Panduan eksperimen dibagi menjadi 3 sub bagian yaitu tekanan hidrostatis, Hukum Pascal, dan  Hukum Archimedes. Panduan eksperimen pegangan dosen dan asisten berisi kunci eksperimen yang berisikan kunci jawaban dan kemungkinan data yang benar terkait eksperimen, sedangkan panduan eksperimen pegangan mahasiswa berisikan peristiwa, langkah-langkah, beserta analisis antar variabel yang menekankan pada proses konflik kognitif. Panduan eksperimen yang dibuat juga memuat soal post-test HOTS untuk mengukur kemampuan mahasiswa.

Kata Kunci : Panduan Eksperimen, Konflik Kognitif,  Discovery Learning, Fluida Statis.

 

×
Penulis Utama : Bondan Ajidewantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317014
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Eksperimen Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Fluida Statis untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Pembelajaran Daring
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2317014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
2. Yesiana Arimurti, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.