Penulis Utama : Ika Berliana Wulandari
Penulis Tambahan : 1. Dr. Muhammad Mariyanto, M.Kes.
2. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Or.
3.
NIM / NIP : O0218044
Tahun : 2023
Judul : PENGARUH LATIHAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN IDAN DOLLYO CHAGI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ika Berliana Wulandari. O0218044. PENGARUH LATIHAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN IDAN DOLLYO CHAGI (Eksperimen Latihan Media Rubber band dan Plyometric Pada Atlet Remaja Putra Taekwondo Dojang LSG Academy Kota Semarang Tahun 2022). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh latihan rubber band (karet ban) terhadap kemampuan tendangan idan dollyo chagi. (2) Pengaruh latihan plyometric jump to box terhadap kemampuan tendangan idan dollyo chagi. (3) Perbedaan pengaruh latihan menggunakan media rubber band (karet ban) dan plyometric jump to box terhadap kemampuan tendangan idan dollyo chagi pada atlet remaja putra taekwondo dojang lsg academy Kota Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah two groups pretest posttest design. Populasi penelitian ini berjumlah 100 atlet. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 atlet remaja putra taekwondo dojang lsg academy Kota Semarang berusia 15-17 tahun dengan pengambilan sampel yaitu purposive random sampling dan pembagian kelompok menggunakan ordinal pairing. Kemudian data hasil penelitian dikumpulkan dengan tes dan pengukuran kemampuan tendangan idan dollyo chagi memakai alat ukur standar nilai kecepatan tendangan dari Johasnyah Lubis. Analisis data menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya peningkatan yang signifikan tendangan idan dollyo chagi pada perlakuan rubber band (karet ban) memperoleh nilai thitung -7.334 dan ttabel 2.145 dengan nilai presentase 47%. (2) Adanya peningkatan yang signifikan tendangan idan dollyo chagi pada perlakuan plyometric jump to box memperoleh nilai thitung -7.961 dan ttabel 2.145 dengan nilai presentase 45%. (3) Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa perlakuan rubber band (karet ban) meningkat 47% lebih baik dibanding dari perlakuan plyometric jump to box terhadap kemampuan tendangan idan dollyo chagi pada atlet remaja putra taekwondo dojang lsg academy Kota Semarang.

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
HALAMAN COVERR.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Mariyanto, M.Kes.
2. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan