Penulis Utama : Fujie Rizky Nur Khasanah
NIM / NIP : R0219031
×

Fujie Rizky Nur Khasanah, R0219031, 2023. Perbedaan Keterampilan Menggunakan APAR Sebelum dan Sesudah Pelatihan APAR pada Pekerja PT X Yogyakarta, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : PT X Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang produksi beton PCI girder dan Corrugated Concrete Sheet Piles (CCSP). Dari aktivitas produksi terdapat potensi bahaya kebakaran yaitu penggunaan mesin dan alat berdaya listrik selama 24 jam berpotensi menyebabkan korsleting, penggunaan mesin cagging, aktivitas pengelasan dan penggerindaan moulding menghasilkan bunga api yang dapat menyambar material mudah terbakar seperti sterofoam, oil moulding, serta solar. PT X Yogyakarta pernah terjadi kebakaran pada tahun 2021. Diketahui pekerja tidak mengetahui langkah awal pemadaman kebakaran tersebut menggunakan APAR.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan pendekatan pre experimental design model rancangan one group pretest post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja PT X Yogyakarta yang berjumlah 45 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa checklist untuk mengetahui keterampilan pekerja dalam menggunakan APAR. Teknis analisis data menggunakan uji alternatif non parametrik yaitu uji Wilcoxon.

Hasil : Hasil skor rata - rata pretest keterampilan menggunakan APAR yaitu 3.2 dan skor rata - rata post-test yaitu 7.8. Hasil analisis pada uji Wilcoxon diperoleh negative ranks adalah 0 artinya tidak ada pekerja yang mengalami penurunan nilai keterampilan dari pretest ke post-test, positive ranks adalah 43 pekerja mengalami peningkatan nilai pretest ke post-test dan ties adalah 2 pekerja mengalami kesamaan nilai pretest dan post-test. Nilai p value 0.000 (p ? 0.05) menunjukkan ada perbedaan keterampilan menggunakan APAR sebelum dan sesudah pelatihan APAR.

Simpulan : Perbedaan hasil skor rata-rata keterampilan menggunakan APAR pretest dan post-test sebesar 4.6, terjadi peningkatan keterampilan setelah diberi intervensi pelatihan APAR. Hasil analisis uji wilxocon diperoleh p value sebesar 0.000 (p ? 0.05) maka ada perbedaan yang bermakna keterampilan menggunakan APAR sebelum dan sesudah pelatihan APAR pada pekerja.

×
Penulis Utama : Fujie Rizky Nur Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219031
Tahun : 2023
Judul : Perbedaan Keterampilan Menggunakan APAR Sebelum dan Sesudah Pelatihan APAR pada Pekerja PT X Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : APAR, Keterampilan, Pelatihan
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji : 1. Hengky Ditya Eko Nugroho, S.ST., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.