Penulis Utama : Mila Esa Andini
NIM / NIP : K7119165
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia, (2) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa melalui penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Panjer tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa menggunakan enam langkah yaitu: (a) penjelasan materi disertai dengan multimedia, (b) diskusi disertai dengan multimedia, (c) pemahaman materi, (d) permainan tongkat disertai dengan multimedia, (e) kesimpulan disertai dengan multimedia, dan (f) evaluasi; (2) penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Panjer tahun ajaran 2022/2023 yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan keterampilan membaca aksara Jawa siswa siklus I = 72%, siklus II = 80%, dan siklus III = 92%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu (a) banyak siswa yang masih kurang serius dalam memahami kembali materi yang sedang dipelajari, (b) beberapa siswa masih belum tertib saat mengikuti pembelajaran, (c) guru kesulitan membagi waktu dalam pelaksanaan tindakan, (d) siswa masih ragu-ragu dalam menjawab soal/pertanyaan saat permainan tongkat, (e) banyak siswa yang melanggar aturan permainan tongkat, (f) beberapa siswa ada yang masih pasif dan kurang tertib dalam diskusi kelompok. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a) guru memberikan motivasi kepada siswa terkait pentingnya memahami materi sebelum melaksanakan permainan tongkat, (b) guru menegur siswa yang masih kurang tertib, (c) guru merencanakan pembagian waktu tiap langkah sebelum pelaksanaan tindakan, (d) guru memberikan motivasi kepada siswa agar yakin dan tidak takut salah saat menjawab soal/pertanyaan, (e) guru memberi teguran kepada siswa yang melanggar aturan, (f) guru menegur siswa yang masih pasif dan kurang tertib saat berkelompok.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Panjer tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Mila Esa Andini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119165
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Panjer Tahun Ajaran 2022/2033
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : talking stick, multimedia, keterampilan membaca aksara Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.