Penulis Utama : Ardhin Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6419014
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Pengetahuan tentang Norma dengan Sikap Patuh terhadap Norma (Studi pada Elemen UUD 1945 Fase D Kelas VII SMPN 8 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ardhin Prasetyo. K6419014. HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG NORMA DENGAN SIKAP PATUH TERHADAP NORMA (STUDI PADA ELEMEN UUD 1945 FASE D KELAS VII SMPN 8 SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Maret 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan pengetahuan tentang norma dengan sikap patuh terhadap norma pada siswa kelas VII SMPN 8 Surakarta. Hal tersebut dilakukan karena dari studi pendahuluan diperoleh fakta bahwa setelah melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila materi norma, masih terdapat siswa yang belum memperoleh hasil sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal dan masih terdapat siswa yang belum memiliki sikap patuh terhadap norma.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Metode kuantitatif korelasional dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu membuktikan hubungan antara dua variabel. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengetahuan tentang norma dan sikap patuh terhadap norma. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Surakarta yang berjumlah 254 siswa. Sementara sampel dalam penelitian ini yaitu 60 siswa kelas VII D dan VII H. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik tersebut dipilih karena kelas VII terdiri dari 8 kelas dengan sikap patuh terhadap norma yang bersifat heterogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes objektif pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan tentang norma dan kuesioner untuk mengukur sikap patuh terhadap norma. Uji validitas menggunakan uji point biserial untuk instrumen tes pengetahuan tentang norma dan uji product moment untuk kuesioner sikap patuh terhadap norma, sementara uji reliabilitas menggunakan uji spearman brown untuk instrumen tes pengetahuan tentang norma dan uji Cronbach Alpha untuk kuesioner sikap patuh terhadap norma. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji linieritas menggunakan  metode lack-of-fit test. Uji hipotesis menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji spearman rank serta dicari persamaan regresi.

Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan tentang norma dengan sikap patuh terhadap norma. Hal tersebut dibuktikan nilai Sig. yaitu 0,00 dan R yaitu 0,413. Interpretasi dari nilai tersebut adalah siswa yang memiliki pengetahuan tentang norma tinggi, maka siswa tersebut juga akan memiliki sikap patuh terhadap norma yang tinggi juga. Hasil tesebut memperkuat teori Stimulus Organisme Respons dan Cognitive Affective Consistency. Proses terjadinya hubungan dijelaskan melalui Elaboration Likelihood Model. dan The Assimilation-Contrast theory.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover skripsi-halaman-1.pdf
BAB I skripsi Ardhin.pdf
BAB 2 Skripsi Ardhin.pdf
BAB 3 Skripsi Ardhin.pdf
BAB 4 Skripsi Ardhin.pdf
BAB 5 Skripsi Ardhin.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd.,M.Sc.
2. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.S.I.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP