Penulis Utama : Lala Ayu Fauzia
NIM / NIP : K7119143
×

ABSTRAK

Lala Ayu Fauzia. PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC READING BASED PROJECT (SRBP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 MEKARSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA; (2) meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA dengan penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP); (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Mekarsari tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas kelas V SDN 1 Mekarsari tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 28 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientation, (b) scientific reading, (c) design and create, (d) progress of project, (e) analysis, dan (f) discussion and communication; (2) penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Mekarsari tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dapat terlihat dari kenaikan presentase pada setiap siklus. Pada aspek fluency siswa mampu menjawab soal dan pertanyaan dengan sejumlah jawaban. Aspek flexibility siswa mampu menggunakan beberapa cara dari sudut pandang yang berbeda dalam menjawab soal. Aspek originality, adanya peningkatan pengetahuan pada sebagian siswa. Aspek elaboration, siswa megembangkan jawaban soal maupun pertanyaan yang diberikan guru dengan baik dan mampu mengembangkan jawaban teman; (3) respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari antusias, minat, dan semangat siswa ketika pembelajaran berlangsung.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Mekarsari tahun ajaran 2022/2023. 

×
Penulis Utama : Lala Ayu Fauzia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119143
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Scientific Reading Based Project (SRBP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 1 Mekarsari Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Scientific Reading Based Project (SRBP), Keterampilan Berpikir Kreatif, IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.