Penulis Utama : Risty Vivin Aprilia
NIM / NIP : K3217065
×

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui : (1) Pendidikan life skill pada penyandang disabilitas melalui interaksi pendamping di SWP Karya Barokah; (2) Hasil batik ciprat di SWP Karya Barokah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data bersifat deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian bersifat studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah tempat/peristiwa, narasumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumen. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis interaktif. melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1. Suasana kerja di SWP Karya Barokah mendukung perkembangan keterampilan hidup/life skill bagi penyandang disabilitas melalui pendidikan informal di masyarakat. a) Personal skill pada penyandang disabilitas dipengaruhi oleh motivasi orang terdekat yakni pendamping melalui pemberian apresiasi dan interaksi intens yang mampu membentuk konsep diri penyandang disabilitas menjadi individu yang menyadari kemampuan diri, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab. b) Social skill penyandang disabilitas berkembang melalui komunikasi sederhana dari pendamping yang menstimulus penyandang disabilitas untuk melakukan hal yang serupa, sehingga mereka menjadi individu yang lebih peka terhadap sesama, berani bertindak dan mudah berkomunikasi yang bisa mempengaruhi kerja sama tim. c) Vocational skill terwujud dalam bentuk pembagian kerja penyandang disabilitas pada setiap tahap pembuatan batik ciprat yang umumnya memiliki standarisasi keahlian dengan menyesuaikan keterbatasan, kelebihan dan karakter penyandang disabilitas untuk memastikan bahwa setiap tahap dikerjakan oleh orang yang sesuai karena akan mempengaruhi kualitas produk. 2. Batik ciprat Karya Barokah termasuk batik modern karena memiliki motif abstrak hasil dari cipratan sapu lidi dan kuas yang membentuk garis dan titik dengan pola yang estetis. Walaupun batik ciprat Karya Barokah juga memiliki motif non-abstrak yang biasanya didukung dengan motif ciprat di sekitarnya sebagai karakteristik SWP Karya Barokah di Desa Pucung.
    
Kata kunci : pendidikan life skill, penyandang disabilitas, batik ciprat

 

×
Penulis Utama : Risty Vivin Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217065
Tahun : 2021
Judul : Pendidikan Life Skill pada Penyandang Disabilitas Melalui Interaksi Pendamping di Sheltered Workshop Peduli Karya Barokah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3217065
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd
2. Lili Hartono, S.Sn, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.