Penulis Utama : Siti Fatimah
NIM / NIP : K7514056
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021; (2) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021; dan (3) pengaruh praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional, dengan menggunakan sumber data sekunder berupa nilai praktik kerja industri siswa dan sumber data primer dengan menggunakan angket untuk memperoleh data motivasi memasuki dunia kerja siswa dan kesiapan kerja siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh dimana digunakan keseluruhan siswa kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo Angkatan 2020/2021 yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan data primer menggunakan angket dengan skala likert yang diwujudkan melalui google form guna mempermudah pengumpulan data. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan SPSS 22.0 dimulai dari menyusun tabulasi data, melakukan uji prasarat analisis, dan uji hipotesis penelitian. Uji hipotesis penelitian terdiri dari (1) analisis regresi linier berganda; (2) uji hipotesis I dan II menggunakan uji t untuk menguji secara parsial masing-masing variabel; (3) uji hipotesis III dilakukan dengan uji F atau Uji ANOVA; (4) analisis koefisien determinasi (R2); (5) mencari Sumbangan Relatif (SR) dan Sumbangan Efektif (SE).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kerja industri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (thitung= -1,308 < ttabel xss=removed> ttabel= 2,039) dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 50,76%. Sehingga pengaruh dari kedua variabel independen adalah 54,1%. Praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (Fhitung= 18,256 > Ftabel= 3,30) kelas XII jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021.

Kata kunci : praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, kesiapan kerja

 

×
Penulis Utama : Siti Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514056
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Taman Siswa Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7514056
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
2. Susantiningrum, S.Pd, S.E, M.AB
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.