Penulis Utama : Doddy Rendra Pradipa
NIM / NIP : S841808006
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan bentuk tindak  tutur ekspresif pada video Stand Up Comedy Sadana Agung Suci 6 Kompas TV, 2) mendeskripsikan wujud implikatur pada pada video Stand Up Comedy Sadana Agung Suci 6 Kompas TV, 3) mengetahui relevansi tuturan ekspresif pada Stand Up Comedy Sadana Agung SUCI Kompas TV dengan Pengajaran Bahasa Indonesia di SMK.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk tindak tutur ekspresif dan wujud implikatur pada video Stand Up Comedy Sadana Agung Suci 6 Kompas TV. Selain itu, data juga diambil dari hasil wawancara Guru Bahasa Indonesia SMK untuk mengetahui relevansi tuturan ekspresif pada Stand Up Comedy Sadana Agung SUCI Kompas TV dengan Pengajaran Bahasa Indonesia di SMK. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: terdapat 5 bentuk tindak tutur ekspresif dan 5 wujud implikatur. 5 bentuk tindak tutur ekspresif yang ditemukan antara lain: Temuan Memuji yakni 15 data, Temuan menyalahkan yakni 3 data, Temuan berterima kasih yakni 5 data, Temuan Menyetujui yakni 3 data, dan Temuan Mendukung yakni 9 data. Dalam penelitian ini tidak ditemukan jenis tindak tutur mengungkapkan rasa simpati, meminta maaf, dan  mengungkapkan belangsungkawa. Kemudian wujud implikatur percakapan yang terdapat dalam Stand Up Comedy Sadana Agung SUCI 6 Kompas TV sebanyak 2 yakni implikatur direktif dengan wujud menyuruh terdapat 3 data, dan menyarankan terdapat 3 data. Implikatur ekspresif dengan wujud memuji terdapat 19 data, mengucapkan terima kasih terdapat 5 data, dan mengritik terdapat 3 data. Penelitian ini tidak di temukan wujud (1) implikatur representatif dengan wujud menyatakan, melaporkan, dan menunjukkan, (2) implikatur komisif dengan wujud berjanji, bersumpah, dan mengancam, dan (3) implikatur isbati dengan wujud memutuskan, membatalkan, melarang, dan mengizinkan. Selanjutnya, relevansi tuturan ekspresif pada Stand Up Comedy Sadana Agung SUCI Kompas TV.  Menghasilkan 95% Penerapan pengajaran Bahasa Indonesia di SMK. Terutama pada materi teks anekdot selaras dengan pertanyaan yang ditanyakan peneiti kepada narasumber.  

Kata kunci: Tinda tutur ekspresif, Implikatur, stand Up Comedy, Relevansi

 

×
Penulis Utama : Doddy Rendra Pradipa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841808006
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur Ekspresif pada Stand Up Comedy Sadana Agung Suci 6 Kompas TV dan Relevansinya dengan Pengajaran Bahasa Indonesia SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841808006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.