Penulis Utama : Ida Ayu Komang Pradina Puspadiva
NIM / NIP : E3119067
×

ABSTRAK

Ida Ayu Komang Pradina Puspadiva. 2023. E3119067. INTEGRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK BERBASIS NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN GUNA MEWUJUDKAN TERTIB PAJAK DI KOTA SURAKARTA. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan terkait hambatan dalam pelaksanaan pelayanan sinkronisasi data wajib pajak di Kota Surakarta setelah adanya integrasi NIK menjadi NPWP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan hambatan yang menyebabkan proses Pemadanan NPWP berbasis NIK belum berjalan dengan baik adalah Pelayanan Sinkronisasi Data Pusat melalui WhatsApp dialihfungsikan, Loket Pelayanan Sinkronisasi Data Pusat di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta digabungkan dengan Loket Informasi, Loket Pemadanan dan Penanganan NIKNPWP di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Surakarta hanya dibuka 1 loket, Masih banyak NIK wajib pajak yang tidak ditemukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Surakarta dan Proses Sinkronisasi dan Pemadanan yang terlalu panjang. Hal ini juga menyebabkan proses percepatan target pemadanan NIK menjadi NPWP bagi seluruh wajib pajak menjadi terhambat dengan banyaknya ketidaksinkronan antara Data Pusat dengan Data Pengguna. Lalu, dengan permasalahan tersebut perlu adanya suatu bentuk inovasi dengan mendukung proses penyelesaian sinkronisasi data wajib pajak tanpa harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat yaitu Pelayanan “NASI KUPAT PADANG” Sinkronisasi Ku Dapat Tanpa Datang, hal tersebut diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh wajib pajak di Kota Surakarta.

Kata kunci: NIK, NPWP, Inovasi 

×
Penulis Utama : Ida Ayu Komang Pradina Puspadiva
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3119067
Tahun : 2023
Judul : INTEGRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK BERBASIS NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN GUNA MEWUJUDKAN TERTIB PAJAK DI KOTA SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : NIK, NPWP, Inovasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Diana Lukitasari, S.H., M.H.
Penguji : 1. Dr. Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H., M.H.
2. Rizda Ardyati, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.