Penulis Utama : Gian Sugihartono
NIM / NIP : K3216025
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang RUNE (2) analisis formal karya graffiti RUNE, dan (3) tanggapan penghayat terhadap karya graffiti RUNE.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat, peristiwa, arsip dan dokumen serta hasil karya graffiti RUNE. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi data dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
RUNE merupakan seniman jalanan yang berfokus pada penulisan graffiti bergaya wildstyle piece. Penciptaan karyanya bertujuan sebagai penanda eksistensinya di ruang publik. Latar belakang dan kepribadian RUNE yang teguh membuatnya memiliki konsep, teknik, dan visualisasi yang kuat dan konsisten dalam berkarya. Karya graffiti RUNE memiliki visualisasi yang khas dengan banyak menggunakan unsur-unsur garis, bidang, aksen, warna yang rumit dan variatif, menimbulkan ketertarikan di ruang publik. RUNE juga memperhatikan proporsi, sehingga menghasilkan karya yang memiliki kesatuan dan keharmonisan yang baik. Hal ini yang menjadikan karya graffiti RUNE indah dan memanjakan mata penghayat yang menyimaknya. Penghayat yang mayoritas merupakan masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan seni yang khusus, cukup mampu memberikan informasi dan tanggapan yang kritis, variatif, dan evaluatif mengenai karya graffiti RUNE yang diteliti. Seluruh penghayat sependapat bahwa graffiti karya RUNE memberikan visualisasi yang indah dalam ruang publik dan menciptakan pengaruh yang positif. Penggunaan unsur-unsur seni rupa yang baik, membuat graffiti karya RUNE menghibur dan mudah dinikmati berbagai kalangan dan golongan usia masyarakat. Pergerakan RUNE dalam praktik seni graffiti Yogyakarta mendapat respon positif para penghayat.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan unsur seni rupa yang tepat membuat graffiti karya RUNE mampu memperkenalkan dan mempresentasikan graffiti ke dalam ruang publik dengan ramah sehingga lebih mudah diterima masyarakat. Pergerakan RUNE ini dinilai sangat berpengaruh dalam perkembangan praktik seni graffiti di Yogyakarta.

Kata Kunci: graffiti, RUNE, kritik seni holistik

 

×
Penulis Utama : Gian Sugihartono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216025
Tahun : 2021
Judul : Eksistensi RUNE dalam Praktik Seni Graffiti di Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3216025
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn.
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.