Penulis Utama : Luqmanul Hakim Abi Abdillah
NIM / NIP : K4516033
×

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui profil metakognisi siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora, (2) mengetahui profil hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora, (3) mengetahui hubungan metakognisi terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Blora Tahun Pelajaran 2020/2021, sampel yang digunakan merupakan kelas VIII yang diambil secara acak pada SMP Negeri di Kecamatan Blora sebanyak 320 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini adalah (1) angket metakognisi, (2) dokumentasi hasil belajar mata pelajaran IPA berupa rapor siswa semester gasal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil metakognisi siswa termasuk ke dalam kategori tinggi dengan rata-rata 78, profil metakognisi siswa dengan kategori sangat tinggi memiliki persentase 37,8%, kategori tinggi memiliki persentase 56,6%, kategori sedang memiliki persentase 5,3%, dan kategori rendah memiliki persentase 0,3%, nilai metakognisi siswa pada setiap indikator sebagai berikut: declarative knowledge dengan rata-rata 77,21, procedural knowledge dengan rata-rata 79,96, conditional knowledge dengan rata-rata 77,19, planning dengan rata-rata 81,37, information management strategies dengan rata-rata 79,06, monitoring dengan rata-rata 76,15, dan evaluation dengan rata-rata 76.02, (2) Profil hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri se- Kecamatan Blora Kabupaten Blora masuk pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 82,5. Profil hasil belajar mata pelajaran IPA siswa dengan kategori sangat tinggi mempunyai persentase 66,3% dengan total 212 siswa, sedangkan kategori tinggi mempunyai persentase 33,7% dengan total 108 siswa. (3) ada hubungan yang signifikan dan positif. Akan tetapi, kekuatan hubungan sangat rendah, dapat diketahui dari koefisien determinasi (r2) sebesar 0,0256, yang berarti metakognisi siswa memberikan sumbangan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa sebesar 2,56 %. Indikator metakognisi yang memiliki hubungan dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA antara lain: declarative knowledge (DK), conditional knowledge (CK), dan information management strategies (IMS), masing-masing memiliki sumbangan sebesar: 2,62%, 2,16%, dan 2,53%.

Kata kunci: hasil belajar IPA, metakognisi, siswa kelas VIII.

 

×
Penulis Utama : Luqmanul Hakim Abi Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516033
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas Viii SMP Se-Kecamatan Blora Kabupaten Blora
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4516033
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.