Penulis Utama : Yanuar Yoga Saputra
NIM / NIP : K4219085
×

Yanuar Yoga Saputra. K4219085.ANALISIS MAKNA FILOSOFIS DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM TRADISI JENANG SURA DI DESA TIPES SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP.

Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang makna filosofis dan nilai pendidikan dalam tradisi Jenang Sura di Dukuh Tipes; serta 2) relevansinya sebagai bahan ajar kelas IX tingkat SMP, dengan latar belakang permasalahan banyaknya warga dukuh Tipes yang kurang mengerti tentang apa saja wujud ubarampe serta tatacara dalam tradisi jenang sura di Dukuh Tipes; 2) siswa dan guru kurang mengerti serta memahami tentang wujud kearifan lokal di daerah sekitarnya.

Penelitian ini dilaksanakan di Dukuh Tipes dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang menyesuaikan makna dengan kamus Baoesastra Djawa. Data dalam penelitian ini menggunakan ubarampe, prosesi, jurnal penelitian, buku, dan silabus pembelajaran bahasa Jawa. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yakni sumber data primer berasal dari hasil wawancara dengan informan kunci, foto ubarampe, sedangkan sumber data sekunder yang berasal dari internet yang berwujud jurnal, buku online, silabus pembelajaran bahasa Jawa dan media cetak yang berwujud buku. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau sample bertujuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, serta analisis dokumen. Peneliti menggunakan teknik analisis model Spreadly yang merupakan analisis berdasarkan catatan etnografi untuk penarikan kesimpulan.

Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu menjabarkan wujud ubarampe baku serta prosesi tradisi Jenang Sura seperti beras pandan wangi, jenang lemu, kambil lan banyu degan wulung, sambel goreng tholo, bumbu pawon, lombok cilik lan gedhe, uyah grasak lan gula jawa,endhog pitik Jawa, kembang telon, lan brambang bawang; reresik dukuh Tipes, cecawis dhaharan, olah jenang sura, umbul donga lan dhahar sareng. Mendeskripsikan makna filosofis ubarampe dan prosesi tradisi Jenang Sura, serta menemukan nilai pendidikan seperti nilai religi, etika, dan sosial. Merelevansikan sebagai materi ajar bahasa Jawa kelas IX SMP sebagai penunjang dan sebagai pedoman hidup sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi jenang sura di Dukuh Tipes.

 

×
Penulis Utama : Yanuar Yoga Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219085
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS TEGES FILOSOFIS LAN NILAI PENDHIDHIKAN SAJRONING TRADHISI JENANG SURA ING DUKUH TIPES LAN RELEVANSINE ING PASINAON BASA JAWA SMP
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : jenang sura; makna filosofis; nilai pendidikan; ubarampe
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S, M.Hum
2. Tya Resta Fitriana, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd, M.Pd
2. Rahmat, S.S, M.A
3. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.