Penulis Utama : Intan Atika Nurcahyani
NIM / NIP : K4218033
×

ABSTRAK

 

Intan Atika Nurcahyani. TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NASKAH SANDIWARA RADIO BERBAHASA JAWA KARYA ERLINA RAKHMAWATI SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2022.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif pada naskah Munthu Wijaya; (2) bentuk kesantunan bahasa Jawa; (3) relevansi bentuk tidak tutur direktif dan bentuk kesantunan pada naskah sandiwara radio Mapan dan Munthu Wijaya sebagai materi ajar bahasa Jawa sehingga guru banyak memiliki pilihan materi ajar sesuai kompetensi dasar yang diatur dalam silabus mata pelajaran bahasa Jawa kurikulum merdeka kelas IX SMP

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan prakmatik. Data dalam penelitian ini menggunakan dialog dalam naskah sandiwara radio karya Erlina Rakhmawati yang mengandung tindak tutur direktif dan kesantunan bahasa, serta data wawancara yang bersumber dari informan ahli bahasa, guru dan siswakelas IX SMP. Teknik pengumpulan data adalah dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Validitas data menggunakan teknik triangulasi isi. Analisis data menggunakan teknik teknik purposive sampling. Prosedur penelitian adalah model analisis mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk tindak tutur direktif pada naskah Munthu Wijaya meliputi requestives, questions, requirements, Prohibitives, Permissives, Advisories; (2) bentuk kesantunan bahasa Jawa berupa pematuhan maxim kesantunan kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan, simpati; (3) bentuk tidak tutur direktif dan bentuk kesantunan pada naskah sandiwara radio Mapan dan Munthu Wijaya sesuai untuk digunakan sebagai materi ajar di SMP. Simpulan penelitian ini adalah naskah sandiwara radio Mapan dan Munthu Wijaya terdapat tindak tutur direktif dan kesantunan bahasa serta relevan digunakan sebagai materi ajar bahasa Jawa KD 4.3 Menulis dan Menyajikan Naskah Sandiwara yang terdapat dalam silabus mata pelajaran bahasa Jawa kurikulum merdeka kelas IX SMP.

×
Penulis Utama : Intan Atika Nurcahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218033
Tahun : 2023
Judul : TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NASKAH SANDIWARA RADIO BERBAHASA JAWA KARYA ERLINA RAKHMAWATI SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Naskah sandiwara radio Mapan dan Munthu Wijaya; Tidak Tutur Direktif, Kesantunan bahasa; Materi ajar bahasa Jawa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang/issue/current
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, M.Hum
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Astiana Ajeng Rahadi, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.