Penulis Utama : Titin Nurdianti
NIM / NIP : K4219074
×

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya pengetahuan mengenai bentuk dan makna afiksasi serta nilai pendidikan karakter yang sering digunakan dalam sebuah karya sastra, salah satunya dalam suatu geguritan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang: (1) bentuk dan makna afiksasi yang terdapat dalam antologi geguritan “Mecaki Wektu” karya Sriyanti S. Sastroprayitno; (2) nilai pendhidhikan karakter yang terdapat dalam Antologi Geguritan “Mecaki Wektu” karya Sriyanti S. Sastroprayitno; (3) relevansi bentuk dan makna afiksasi serta nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Antologi Geguritan “Mecaki Wektu” karya Sriyanti S. Sastroprayitno terhapdap materi ajar bahasa Jawa di SMP.

Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan morfologi bahasa. Sumber dhata penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen danwawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat 4 komponen: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) panyajian data; (4) kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan: (1) unsur afiksasi dalam antologi geguritan Mecaki Wektu karya Sriyanti S. Sastroprayitno antara lain ditemukan ater-ater anuswara (m-, n-, ng-, lan ny-), {a}, {ka-}, {ke-}, {di-}, {sa-}, Pa Anuswara, yaitu (pa-, pam-, pan-, pang-, pany-), {pi-}, {pra-},{pri-} yang menghasilkan fungsi berbeda-beda. (2) Nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Mecaki Wektu karya Sriyanti S. Sastroprayitnoantara lain, yaitu nilai pendidikan religius, kerja keras, cinta tanah air, toleransi, lan tanggung jawab; (3) geguritan dalam buku antologi Mecaki Wektu karya Sriyanti S. Sastroprayitno relevan digunakan sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMP yaitu terdapat dalam Kompetensi Dasar 3.1 memahami teks geguritan. Selain itu, buku antologi Mecaki Wektu karya Sriyanti S. Sastroprayitno ini juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa diambil teladhan oleh siswa.

×
Penulis Utama : Titin Nurdianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219074
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS WUJUD LAN TEGES AFIKSASI TEMBUNG SARTA NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ING SAJRONING ANTOLOGI GEGURITAN MECAKI WEKTU ANGGITAN SRIYANTI S. SASTROPRAYITNO UGA RELEVANSINE TUMRAP MATERI PASINANON BASA JAWA ING SMP (TINTINGAN MORFOLOGI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Afiksasi, geguritan, analisis morfologi, pendidikan karakter, Antologi geguritan Mecaki Wektu
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
2. Dewi Pangestu Said, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.