Penulis Utama : Raudlotul Jannah
NIM / NIP : D0217073
×

Manajemen isu memiliki peranan penting sebagai langkah antisipasi perusahaan sebelum isu menjadi krisis. Khusunya ketika perusahaan ditempa isu negatif pada pemberitaan di berbagai media, manajemen isu sangatlah penting untuk memperbaiki pandangan yang salah dari publik pada perusahaan, dengan itu dampak negatif dapat dihindari oleh perusahaan. Littlejohn & Foss dalam issue life-cycle theory menjelaskan bahwa isu perusahaan dimulai ketika ada sekelompok orang mulai mengungkapkan ketidakpuasan tentang perusahaan atau ketika pihak perusahaan menceritakan masalah terkait perusahaannya yang berdampak pada tujuan strategis perusahaan, core business-nya dan keberadaan perusahaan yang mungkin memerlukan respon tertentu dari perusahaan.
Studi ini mencoba menggali mengenai manajemen isu yang dilakukan oleh Corporate Communication PT Hutama Karya (Persero) dalam merespon banyaknya isu pemberitaan negatif mengenai keselamatan berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). JTTS merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dimandatkan kepada Hutama Karya untuk dibangun dan dikelola dengan baik. Dengan desain penelitian berupa kualitatif melalui paradigma deskriptif, penulis mengelaborasi teori issue life cycle theory, definisi konsep manajemen isu dan konsep tone pemberitaan. Dalam mengambil data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi berupa literatur pendukung. Informan yang dipilih dibagi menjadi dua kelompok yaitu pihak Corporate Communication Hutama Karya dan wartawan media lokal Sumatra dimana ruas JTTS telah beroperasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tahapan manajemen isu yang dilakukan oleh Hutama Karya meliputi tahap mengidentifikasi isu, menganalisis isu, menentukan strategi perubahan isu, tahapan program penanganan isu, dan tahap terakhir yaitu evaluasi hasil. Selain itu, studi ini juga menelaah tanggapan media terkait penanganan isu yang dilakukan oleh Hutama Karya terhadap pemberitaan negatif mengenai keselamatan berkendara di JTTS, dan bagaimana media relations bekerja sebagai strategi cepat dalam manajemen isu.

Kata kunci: Manajemen isu, Corporate Communication, JTTS, Pemberitaan, media relatioms

 

×
Penulis Utama : Raudlotul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217073
Tahun : 2021
Judul : Manajemen Isu PT Hutama Karya (Persero) dalam Menangani Pemberitaan Negatif Mengenai Keselamatan Berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0217073
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre Noevi Rahmanto, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.