Penulis Utama : Dwi Indah Suryani
NIM / NIP : K7119069
×

Dwi Indah Suryani. K7119069. PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KALIBAGOR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan melalui pendekatan RME dengan media papan pecahan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas III SDN 2 Kalibagor dalam III siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 2 Kalibagor. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Kalibagor tahun ajaran 2022/2023 yaitu: (a) memahami masalah kontekstual dengan media papan pecahan, (b) menjelaskan masalah kontekstual dengan media papan pecahan, (c) menyelesaikan masalah kontekstual dengan media papan pecahan, (d) mendiskusikan dan membandingkan jawaban dengan media papan pecahan, dan (e) menyimpulkan, (2) penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan  pada siswa kelas III SDN 2 Kalibagor, (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa pasif, (b) belum fokus, (c) bermain sendiri, (d) individualis ketika diskusi, (e) malu bertanya, (f) sering jalan-jalan ke kelompok lain, (g) kurang percaya diri untuk menanggapi hasil diskusi, dan (h) kesulitan menyimpulkan. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru dapat memancing dengan pertanyaan ringan (b) mengondisikan siswa untuk fokus memperhatikan masalah kontekstual, (c) menegur siswa agar tidak bermain sendiri, (d) memberi memotivasi siswa untuk bekerjasama ketika kegiatan diskusi, (e) mengecek setiap kelompok belajar, (f) mengondisikan siswa agar duduk ditempatnya, (g) membimbing dan memotivasi siswa membandingkan jawaban dari kelompok lain, dan (h) memberikan arahan dalam menyimpulkan. 

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media papan pecahan dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Kalibagor tahun ajaran 2022/2023. 

Kata kunci: RME, media papan pecahan, matematika

 

×
Penulis Utama : Dwi Indah Suryani
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K7119069
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kalibagor Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : RME, media papan pecahan, matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. M. Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.