Penulis Utama : Dwi Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis struktur percakapan dalam phone-live di Radio FM Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C.0200021-2005
Subyek : KOMUNIKASI-PELAYANAN UMUM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Analisis Struktur Percakapan dalam Phone-Live di Radio FM Surakarta. Pokok kajian dalam penelitian ini adalah struktur percakapan phone-live yang terdapat dalam radio FM Surakarta. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah giliran bicara percakapan phone-live di radio FM Surakarta, bagaimanakah pasangan berdekatan percakapan phone-live di radio FM Surakarta, dan bagaimanakah organisasi keseluruhan percakapan phone-live di radio FM Surakarta.

Pendekatan yang penulis lakukan adalah pendekatan sosiolinguistik interaksional. Teori-teori yang dipakai dalam menganalisis struktur percakapan adalah analisis percakapan, struktur percakapan yang meliputi: giliran bicara, pasangan berdekatan, dan organisasi keseluruhan

Data dalam penelitian ini adalah rekaman dialog antara O2 dan O1 saat melakukan phone-live dalam acara request lagu. Pengambilan data berasal dari tiga radio FM di Surakarta yang dipilih berdasarkan kategori-kategori tertentu. Pengambilan data berlangsung dari tanggal 26 September – 10 November 2004.

Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa giliran bicara dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu: distribusi giliran bicara, interupsi, jeda, dan overlap. Pasangan berdekatan didominasi oleh pasangan pertanyaan- jawaban. Jenis pasangan lainnya berupa: permintaan-penerimaan, panggilan-jawaban, penawaran-penolakan, penawaran-penerimaan, permintaan-penerimaan, pemberitahuan-penerimaan, pemberitahuan-penolakan, complain-pembenaran, permintaan-penawaran, salam-salam, dan penawaran-penawaran. Dalam percakapan phone-live juga ditemukan adanya pasangan yang tidak berdekatan, berupa: pemberitahuan-pemberitahuan, pertanyaan-pemberitahuan, complain-penolakan, permintaan-pemberitahuan, pertanyaan-pemberitahuan, pertanyaan-pertanyaan, pemberitahuan-pendapat, dan pemberitahuan-permintaan. Organisasi keseluruhan dalam percakapan phone-live di radio FM Surakarta ditemukan adanya struktur yang lengkap dan tidak lengkap. Struktur yang tidak lengkap terdiri dari bagian pembuka, topik dan penutup dan struktur yang lengkap terdiri dari pembuka, topik, dan penutup.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kaswan Darmadi, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa