Penulis Utama : Fransiska Br. Sitepu
NIM / NIP : S022202037
×

Latar belakang: Antenatal care merupakan pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada ibu hamil dalam bentuk pemeriksaan antenatal yang dilakukan untuk mencegah penyebab morbiditas dan mortalitas pada ibu hamil dan anak. Penurunan angka kunjungan ibu hamil ke fasilitas kesehatan mengakibatkan tingginya kematian ibu akibat komplikasi kehamilan dan persalinan. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pendidikan, perencanaan kehamilan, dukungan suami, dan jarak tempuh ke fasilitas kesehatan terhadap pemanfaatan pelayanan antenatal.

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan meta-analisis dengan PICO. Population: ibu hamil. Intervention: pendidikan tinggi, kehamilan yang direncanakan, dukungan suami kuat, dan jarak ke fasilitas dekat. Comparison: pendidikan rendah, kehamilan yang tidak direncanakan, dukungan suami lemah, dan jarak ke fasilitas jauh. Outcome: pemanfaatan pelayanan antenatal. Artikel yang digunakan diperoleh dari empat database, yaitu Google Scholar, BMC Pregnancy and Childbirth, PubMed, dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan untuk mencari artikel adalah “Antenatal Care” AND “Utilization of ANC” AND “Husband Support and ANC”. Artikel yang digunakan adalah full text bahasa inggris dari tahun 2009 hingga 2022. Artikel dipilih menggunakan diagram PRISMA dan dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.

Hasil: 14 artikel studi cross-sectional berasal dari Afghanistan, Ethiopia, Filipina, Indonesia, Mozambik, Myanmar, Nepal, dan Vietnam. Besar sampel=16.015. Berdasarkan analisis, ibu dengan pendidikan tinggi memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pelayanan antenatal sebesar 2.93 kali dibandingkan dengan ibu dengan pendidikan rendah dan signifikan secara statistik (aOR=2.93; CI 95%=1.93 hingga 4.45; p=0.001). Ibu yang merencanakan kehamilan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pelayanan antenatal sebesar 1.99 kali dibandingkan dengan ibu yang tidak merencanakan kehamilan dan signifikan secara statistik (aOR=1.99; CI 95%=1.26 hingga 3.15; p=0.003). Ibu yang mendapatkan dukungan suami memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pelayanan antenatal sebesar 2.89 kali dibandingkan dengan ibu yang tidak mendapatkan dukungan suami dan signifikan secara statistic (aOR=2.89; CI 95%=1.23 hingga 6.81; p=0.020). Ibu yang berjarak dekat ke fasilitas kesehatan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pelayanan antenatal sebesar 3.07 kali dibandingkan dengan ibu yang berjarak jauh ke fasilitas kesehatan dan signifikan secara statistik (aOR=3.07; CI 95%=1.43 hingga 6.55; p=0.003).

Kesimpulan: Pendidikan, perencanaan kehamilan, dukungan suami, dan jarak tempuh ke fasilitas kesehatan memengaruhi pemanfaatan pelayanan antenatal.

×
Penulis Utama : Fransiska Br. Sitepu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022202037
Tahun : 2023
Judul : Meta Analisis Pengaruh Pendidikan, Perencanaan Kehamilan, Dukungan Suami, dan Jarak Tempuh Ke Fasilitas Kesehatan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Antenatal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : antenatal care, ibu hamil, morbiditas
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes., Sp.KKLP
2. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., M.Si
Penguji : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., Ph.D
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.