Penulis Utama : Astika Rizkiana Efendi
NIM / NIP : K7119045
×

 

         Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode Oudoor Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS, (2) untuk meningkatkan hasil belajar tentang interaksi manusia dengan lingkungan melalui penerapan metode Outdoor Learning pada siswa kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan tahun ajaran 2022/2023, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan metode Outdoor Learning pada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V.

            Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Purwodadi tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 21 siswa yang terdiri dari terdiri 4 laki-laki dan 17 perempuan. Sumber data penelitian ini tersiri dari siswa, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non-tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Outdoor Learning dilaksanakan melalui tiga langkah, yaitu: (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap tindak lanjut. (2) penerapan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dan lingkungan, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tiap siklusnya pada observasi maupun hasil belajar. Hasil belajar IPS siswa yang meningkat pada siklus I = 78,57%, siklus II = 88,09%, dan siklus III = 90,47%.

            Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan tahun ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, peneliti dapat meneliti Outdoor Learning untuk materi mata pelajaran IPS yang lain atau untuk mata pelajaran lain, dan guru dapat menerapkan langkah-langkah Outdoor Learning untuk materi IPS atau mata pelajaran lain.

×
Penulis Utama : Astika Rizkiana Efendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119045
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Purwodadi Kecamatan Kuwarasan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Metode Outdoor Learning, hasil belajar, IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.