Penulis Utama : Yenny Ernawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Serat Mardibrata (suatu tinjauan filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C.0198054-2005
Subyek : KESUSASTRAAN JAWA-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Naskah lama sebagai karya-karya tulisan masa lampau merupakan hasil budaya yang sangat menarik bagi penelitian kebudayaan lama. Objek dalam penelitian ini adalah Serat Mardibrata dengan nomor katalog 221 Na koleksi Perpustakaan Sasanapustaka Karaton Surakarta. Serat Mardibrata merupakan naskah tunggal, yang harus diteliti secara filologis karena dalam teks Serat Mardibrata terdapat kesalahan-kesalahan yang tidak sengaja dilakukan oleh pengarang. Selain itu Serat Mardibrata mengandung ajaran-ajaran moral yang sangat menarik karena itu serat ini harus diteliti untuk mengungkapkan ajaran-ajarannya.

Dalam penelitian ini yang menjadi kajian utama adalah penanganan secara filologis terhadap Serat Mardibrata yang bertujuan untuk mendapatkan suntingan teks yang bersih dari kesalahan dan dekat dengan aslinya. Adapun tujuan lainnya yaitu mengungkapkan isi yang terkandung di dalam Serat Mardibrata.

Tujuan tersebut dapat dicapai melalui tahapan-tahapan dalam langkah kerja penelitian filologi sesuai cara kerja Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) dan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Langkah awal dalam penelitian ini yaitu mengadakan inventarisasi naskah Serat Mardibrata diberbagai tempat penyimpanan naskah, yaitu di Surakarta dan Yogyakarta. Dalam tahapan ini hanya ditemukan satu naskah Serat Mardibrata di Perpustakaan Sasanapustaka, maka objek penelitian ini adalah naskah tunggal. Setelah naskah tersebut ditentukan sebagai objek penelitian, maka perlu dideskripsikan untuk mengetahui keadaan naskah.

Langkah kedua mengadakan transliterasi kemudian mengadakan kritik teks yang hasilnya dikumpulkan pada aparat kritik (catatan kaki). Untuk mendapatkan suntingan teks Serat Mardibrata yang bersih dari kesalahan dan mendekati aslinya dilakukan analisis dengan menggunakan metode standard, yaitu membetulkan ketidakajegan atau kesalahan teks berdasarkan pertimbangan linguistik dan konvensi tembang. Setelah dihasilkan suntingan teks yang bersih dari kesalahan dan mendekati aslinya, kemudian dilakukan penerjemahan teks. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pembaca atau peminat karya sastra lama untuk memahaminya.

Langkah selanjutnya menganalisis isi yang terkandung dalam Serat Mardibrata dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Serat Mardibrata berisi tentang ajaran moral. Ajaran moral tersebut adalah jalan atau metode bertapa, yang dapat dibagi menjadi dua, yaitu tapa nyepi dan tapa ngrame. Tapa ngrame meliputi hubungan manusia dengan Tuhan serta hubungan manusia dengan sesama. Hubungan manusia dengan Tuhan, terdiri dari menyembah Tuhan dengan bertakwa dan berdoa kepada Tuhan, serta bersyukur kepada Tuhan. Hubungan manusia dengan sesama, meliputi hubungan dengan orang tua, hubungan dengan pasangan hidup, serta hubungan dengan manusia yang lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Waridi Hendro Saputro
2. Drs. Sisyono Eko Widodo, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa