Penulis Utama : Fauziyah Azhari
NIM / NIP : M0319027
×

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh  modulator dalam sintesis material UiO-66(Zr) dan UiO-67(Zr) dan kinerjanya dalam catalytic transfer hydrogenation (CTH) Angelica lactone (AnL) menjadi ?-valerolactone (GVL). Sintesis UiO-66(Zr) dan UiO-67(Zr) dilakukan dengan metode solvotermal. Kondisi reaksi UiO-66(Zr) yaitu suhu 120 oC selama 24 jam, sementara UiO-67(Zr) pada suhu 140 oC selama 12 jam. Penambahan modulator dilakukan dengan asam asetat dengan variasi 2 mL dan 10 mL (UiO-66(Zr)) dan 2,5 mL dan 10 mL (UiO-67(Zr)). Material dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD), Fourier Transform Infrared (FTIR), Surface Area Analyzer (SAA), Scanning Electron Microscope Energy Dispersion (SEM-EDX), dan Thermogravimetric and Differential Thermal Analysis  (TG/DTA). Uji katalitik CTH dilakukan menggunakan metode refluks suhu 90 oC selama 6 jam dengan katalis 10?rat. Hasil reaksi CTH dikarakterisasi dengan Gas Cromatography (GC) dan FTIR. Hasil analisis FTIR menunjukkan terjadi pelebaran puncak pada bilangan gelombang 743 dan 591 cm-1  (UiO-66), serta 743 dan 578 cm-1 (UiO-67) mengindikasikan adanya pembentukan ikatan Zr-O. Hasil XRD menunjukkan adanya kesesuaian puncak-puncak utama setelah dibandingkan dengan puncak standar CCDC No.  4512072 untuk UiO-66(Zr) dan CCDC No. 2179856  untuk UiO-67(Zr). Hasil SEM-EDX menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi modulator yang ditambahkan, maka morfologi material terlihat semakin jelas (yaitu oktahedral) dan mempunyai ukuran yang lebih besar. Analisis SAA menunjukkan bahwa penambahan modulator menyebabkan luas permukaan, volume pori, dan diameter pori semakin besar. Analisis TG/DTA menunjukkan bahwa adanya pelepasan asam asetat suhu <450>yield dan selektivitas turun dari 4,1% menjadi 2% dan 21,4% menjadi 3,7%.

×
Penulis Utama : Fauziyah Azhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0319027
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Modulator dalam Sintesis UiO-66(Zr) dan UiO-67(Zr) dan Kinerjanya dalam Catalytic Transfer Hidrogenation (CTH) Angelica Lactone (AnL) Menjadi ?-Valerolactone (GVL)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2023
Program Studi : S-1 Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Angelica lactone (AnL), ?-valerolactone (GVL), Catalytic transfer hydrogenation (CTH), Modulator, UiO-66, UiO-67.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer. nat. Witri Wahyu Lestari, M.Sc
2. Dr.rer.nat. Wirawan Ciptonugroho, S.T., M.S.
Penguji : 1. Prof. Dr. Fitria Rahmawati, M.Si
2. Dr. Dian Maruto Widjonarko, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.