Penulis Utama : Alla' Junia Nurdin
NIM / NIP : S812008003
×

Alla’ Junia Nurdin. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Peserta Didik Pada Materi Jurnal Penyesuaian SMK di Surakarta. Tesis, Pembimbing: Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Sri Sumaryati, M.Pd. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media yang dibutuhkan untuk meningkatkan belajar mandiri peserta didik SMK di Surakarta. (2) Mengembangkan mobile game untuk meningkatkan belajar mandiri peserta didik SMK di Surakarta. (3) mendeskripsikan keefektifan mobile game untuk meningkatkan belajar mandiri peserta didik SMK di Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) yang pada tahapannya dikategorikan ke dalam tahap I studi pendahuluan, tahap II pengembangan produk, tahap III pengujian produk. Subjek penelitian pada tahap I, II dan III masing masing adalah pendidik, peserta didik serta validator. Instrument yang digunakan yakni 1) tahap I adalah pedoman wawancara dan kuesioner 2) tahap II kuesioner validasi ahli, pendidik, dan peserta didik, 3) tahap III kuesioner skala sikap untuk peserta didik. Sementara untuk teknik analisis data pada masing – masing tahapan yaitu: 1) tahap I triangulasi sumber, 2) tahap II analisis skor rerata untuk tingkat kelayakan produk, dan 3) tahap III uji keefektifan melalui independent t-test.

Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil tahap I: studi pendahuluan menunjukkan informasi bahwa kemampuan self-regulated learning peserta didik masih banyak yang belum mencapai kategori baik, guru menggunakan Power point dan modul sebagai media pembelajaran di kelas. Dibutuhkan suatu media pembelajaran yang lebih inovatif, praktis, fleksibel dalam penggunaannya. (2) Mobile game dikembangkan dengan aplikasi construct 2 mendapatkan predikat layak berdasarkan penilaian ahli media I & II dengan total rerata 4,6, ahli materi I & II dengan total rerata 4,58 (sangat baik), uji praktisi oleh guru, uji ahli self-regulated learning dan uji coba peserta didik yang masing – masing memperoleh keputusan ‘sangat baik’. (3) Hasil uji keefektifan mobile game menunjukkan bahwa produk ini efektif sebagai sarana meningkatkan kemampuan self-regulated learning peserta didik hal ini terbukti melalui uji t independent dengan taraf siginfikansi 0,00 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa kelas yang menggunakan produk mobile game memiliki skor rerata (mean) yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan produk mobile game, dengan tingkat keefektifan 56% yang termasuk dalam kategori cukup efektif.

 

 

×
Penulis Utama : Alla' Junia Nurdin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S812008003
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Game untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Peserta Didik pada Materi Jurnal Penyesuaian SMK di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Game, Mobile, belajar, mandiri, pengembangan.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd.
2. Dr. Sri Sumaryati, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Sudiyanto, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.