Penulis Utama : Fatimah Rahmawati
NIM / NIP : S022202030
×

Background: Kanker adalah gangguan kesehatan akibat terbentuknya sel-sel tidak normal yang tumbuh melewati batas siklus sel normal serta dapat menyerang dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Dalam Theory of Planned Behavior perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh tiga aspek utama antara lain sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengestimasi persepsi manfaat, persepsi hambatan, dan norma subjektif terhadap penggunaan terapi akupunktur pada pasien kanker dengan nyeri, dengan meta-analisis studi primer yang dilakukan oleh penulis terdahulu.

Subject and Method: Artikel ini disusun dengan menggunakan tinjauan sistematis dan studi meta-analisis. Penelitian ini menggunakan model PICO. Studi meta-analisis dilakukan dengan mencari artikel dari database dalam bentuk elektronik menggunakan Google schoolar, PubMed, dan Elsevier. Pencarian artikel dilakukan pada 05 Februari hingga 10 Maret 2023. Kata kunci yang digunakan adalah “Theory of Planned BehaviourOR “TPB” AND “Acupuncture” OR “Complemantary Alternative Medicine” AND “Cancer” OR “Pain” AND “Cancer Pain” OR “Cross-Sectional”. Kriteria inklusi penelitian ini adalah artikel lengkap dengan menggunakan penelitian Cross-sectional, tahun terbit mulai 2007-2022. Analisis artikel dalam penelitian ini menggunakan software RevMan 5.3.

Result: Sebanyak 8 studi cross sectional dari Amerika Utara (USA) dan Asia (Korea dan Malaysia) dipilih untuk tinjauan sistematis dan meta-analisis. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan tinggi pada pasien kanker dengan nyeri meningkatkan penggunaan terapi akupunktur sebanyak 1.20 kali dibandingkan pasien kanker dengan nyeri pada persepsi manfaat yang dirasakan yang rendah dan pengaruh tesebut secara statistik signifikan (aOR= 1.20; CI 95%= 1.09 hingga 1.33; p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Conclusion: Persepsi manfaat dan norma subjektif tinggi signifikan dapat meningkatkan penggunaan terapi akupunktur. Persepsi hambatan rendah signifikan dapat berpengaruh terhadap penggunaan terapi akupunktur.

×
Penulis Utama : Fatimah Rahmawati
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : S022202030
Tahun : 2023
Judul : Meta-analisis: Aplikasi Theory of Planned Behavior Dalam Penggunaan Terapi Akupunktur Pada Pasien Kanker dengan Nyeri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Theory of Planned Behavior, Pasien Kanker dengan Nyeri, Terapi Akupunktur
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
2. 2. Dr. Hanung Prasetya, SKp., M.Si
Penguji : 1. 1. Prof Bhsima Murti, dr., MPH., M.Sc., PhD
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.