Penulis Utama : Setiyo Budi
NIM / NIP : H0417067
×

Kartu tani adalah program yang bertujuan untuk memastikan pendistribusian pupuk bersubsidi agar tepat sasaran yang diimplementasikan berdasarkan asas 6 tepat, yaitu tepat jumlah, waktu, harga, mutu, tempat, dan jenis. Implementasi program kartu tani masih belum optimal, sehingga masih ditemukan berbagai masalah seperti kelangkaan pupuk dan kenaikan harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas program kartu tani dan pengaruh karakteristik petani terhadap efektivitas program kartu tani di Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh variabel X (karakteristik petani, yaitu : umur, tingkat pendidikan formal, tingkat pendidikan non-formal, pendapatan keluarga, luas pengusaaan lahan pajak, dan luas penguasaan lahan persilan) terhadap variabel Y (efektivitas program kartu tani di Desa Cabak).
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa secara umum tingkat efektivitas program kartu tani di Desa Cabak adalah cukup efektif. Berdasarkan dimensi keberhasilan program, tingkat efektivitas program kartu tani di Desa Cabak adalah cukup efektif, berdasarkan dimensi keberhasilan sasaran, tingkat efektivitas program kartu tani di Desa Cabak adalah kurang efektif dan berdasarkan dimensi kepuasan terhadap program, tingkat efektivitas program kartu tani adalah cukup efektif.
Hasil analisis uji regresi, menunjukan bahwa karakteristik petani (variabel X) mempengaruhi efektivitas program kartu tani di Desa Cabak (variabel Y) sebesar 47,2%. Secara simultan, variabel-variabel X terbukti mempengaruhi efektivitas program kartu tani di Desa Cabak. Secara parsial, umur petani, tingkat pendidikan non- formal dan pendapatan keluarga terbukti berpengaruh, sedangkan tingkat pendidikan formal, penguasaan lahan pajak (sesuai SPPT) dan penguasaan lahan persilan terbukti tidak berpengaruh. Umur berpengaruh negatif terhadap efektivitas program kartu tani, sedangkan tingkat pendidikan non-formal dan pendapatan keluarga memilki pengaruh positif terhadap efektivitas program kartu tani di Desa Cabak.

Kata kunci : Desa Cabak, efektivitas program, kartu tani

 

×
Penulis Utama : Setiyo Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0417067
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Karakteristik Petani Terhadap Efektivitas Program Kartu Tani di Desa Cabak Kecamatan Jiken Kabupaten Blora
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0417067
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.