Penulis Utama : Fahri Alib Arvian
NIM / NIP : K2519028
×

Energi tak terbaharukan yang berasal dari fosil masih mendominasi penggunaannya terutama batu bara dan minyak bumi yang ketersediaannya semakin menipis. Energi Baru dan Energi Terbarukan menjadi salah satu sumber alternatif penyediaan energi. Daerah tropis termasuk Indonesia merupakan daerah yang menghasilkan air secara terus menerus. Energi air dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin air yang dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Air dengan head yang rendah belum dimanfaatkan secara maksimal. Jenis turbin micro hydro yang menggunakan pusaran air untuk penggerak sudunya dan cocok digunakan untuk aliran sungai dengan head yang rendah adalah turbin vortex. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jalur lintasan air dan lebar sudut pengarah terhadap daya dan efisiensi turbin air vortex.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Karanganyar dengan melakukan pengujian dan pengukuran secara langsung pada setiap variasi menggunakan alat ukur. Setiap pengukuran dilakukan 3 kali pengukuran yang kemudian di rata-rata dengan kondisi pada saat stabil. Penelitian dilakukan meliputi mempersiapkan alat turbin air, pengaturan alat, pengambilan data, dan analisis data. Data yang diperoleh berupa debit, kecepatan putaran poros, serta torsi yang dihasilkan tiap variasi. Variasi yang digunakan adalah jalur lintasan air lurus, kelok 1 dan kelok 2 serta dengan variasi sudut pengarah 10º, 15º dan 20º.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa variasi jalur lintasan air dan lebar sudut pengarah berpengaruh terhadap daya turbin dan efisiensi yang dihasilkan turbin air vortex. Jalur lintasan air lurus dan lebar sudut pengarah 20º menghasilkan daya turbin dan efisiensi lebih besar daripada variasi yang lainnya. Konfigurasi terbaik gabungan dari variasi jalur lintasan air dan lebar sudut pengarah terhadap daya turbin dan efisiensi yang dihasilkan turbin air vortex adalah menggunakan jalur lintasan air lurus dan lebar sudut pengarah 20º dengan hasil daya turbin 11,63 Watt dan efisiensi 23,55 %.

×
Penulis Utama : Fahri Alib Arvian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519028
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Variasi Jalur Lintasan Air Dan Lebar Sudut Pengarah Pada Turbin Air Vortex Terhadap Daya Yang Dihasilkan
Edisi :
Imprint : Universitas Sebelas Maret Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Turbin Air Vortex, Head Rendah, Jalur Lintasan Air, Sudut Pengarah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
2. Drs. Ranto, M.T.
Penguji : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si.
2. Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.