Penulis Utama : Riyadhotul Mukaromah
NIM / NIP : K7119230
×

Riyadhotul Mukaromah. K7119230. Pembimbing I: Drs. Muh. Chamdani, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Wahyudi, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPAS MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 ADIARSA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning dengan media audio visual, (2) meningkatkan pembelajaran IPAS materi kerajaan-kerajaan di Nusantara, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model PBL dengan media audio visual.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 1 Adiarsa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi kerajaan-kerajaan di Nusantara pada siswa kelas IV SDN 1 Adiarsa tahun ajaran 2022/2023 yaitu: (a) orientasi masalah dengan media audio visual, (b) pengorganisasian belajar dengan media audio visual, (c) pembimbingan siswa disertai media audio visual, (d) penyajian hasil kerja, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. (2) penerapan model PBL dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 1 Adiarsa. Hal tersebut dibuktikan dari rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I=83,16%, siklus II=88,50%, dan siklus III=93,33%. Siklus I pertemuan 1 rata-rata nilai siswa yaitu 79,66 dan pertemuan 2 sebesar 80,40. Pada siklus II pertemuan 1 yaitu 82,60 dan pertemuan 2 sebesar 83,60. Pada siklus III, rata-rata nilai siswa sebesar 85,06. (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa masih banyak yang bertanya pada saat melakukan diskusi, (b) kurangnya kerjasama antar siswa saat diskusi, (c) siswa melaksanakan kegiatan diskusi melebihi alokasi waktu yang diberikan, (d) guru masih mendominasi pada penyimpulan materi pelajaran, (e) suasana kelas kurang kondusif, (f) siswa kurang memperhatikan, (g) siswa belum berani menanggapi dan melakukan tanya jawab, (h) siswa kurang aktif dalam menanggapi hasil diskusi kelompok. Solusi dari kendala yang ditemui yaitu: (a) Guru membimbing siswa pada saat diskusi, (b) guru mengarahkan tugas setiap anggota kelompok, (c) guru mengondisikan waktu diskusi, (d) guru memberikan motivasi, (e) guru menekankan kembali tata tertib kelas, (f) guru memberikan ice breaking agar siswa memperhatikan, (g) guru memberikan stimulus dan apresiasi, (h) guru memberikan reward.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi kerajaan-kerajaan di Nusantara pada siswa kelas IV SDN 1 Adiarsa tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Riyadhotul Mukaromah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119230
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan-kerajaan di Nusantara Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adiarsa Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning, audio visual, pembelajaran, IPAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Moh Salimi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.