Penulis Utama : Fonda Hidayah Prabaningrat
NIM / NIP : K7119094
×

Fonda Hidayah Prabaningrat. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN PADA SISWA KELAS 5C SD NEGERI 1 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus lima pertemuan. Data berupa kuantitatif dan kualitatif dan diperoleh dengan wawancara, observasi, dokumen, dan tes evaluasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret dengan langkah-langkah: (a) merancang proyek dengan media konkret, (b) merancang penyelesaian proyek dengan media konkret, (c) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, (d) menyelesaikan proyek dengan monitoring dari guru, (e) menyusun laporan dan presentasi dengan media konkret, dan (f) mengevaluasi proses dan hasil proyek dengan media konkret, (2) penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada siswa kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase siklus I = 88,63%, pada siklus II = 93,17%, dan pada siklus III = 95,45%. Antara siklus I ke siklus II meningkat 4,54%, antara siklus II ke siklus III meningkat 2,28%, (3) kendala dalam penelitian adalah: (a) siswa sulit dikondisikan, (b) siswa kurang paham penjelasan, (c) sulitnya siswa menyampaikan pendapatnya, (d) manajemen waktu siswa kurang, (e) siswa kurang fokus, (f) siswa yang bermain sendiri, dan (g) siswa tidak memperhatikan kegiatan presentasi.  Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah: (a) guru lebih tegas mengatur siswa, (b) guru memastikan siswa fokus dan memberikan penjelasan secara perlahan, (c) guru memberikan pengarahan dalam penyampaian pendapat, (d) guru sering mengingatkan batas waktu pembuatan proyek, (e) guru memberikan kesempatan siswa berpendapat, (f) guru bersikap tegas untuk membuat siswa tenang, dan (g) guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan presentasi.

Simpulan penelitian adalah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada siswa kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2022/2023. 

×
Penulis Utama : Fonda Hidayah Prabaningrat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119094
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada Siswa Kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), media konkret, pembelajaran IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.