Penulis Utama : Anisa Kurniawati
NIM / NIP : K2519011
×

Anisa Kurniawati. K2519011. Pembimbing I : Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd. Pimbimbing II : Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd. PENGARUH KECEMASAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH WAJIB PRODI  PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Juni 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS; (3) pengaruh kecemasan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan teknik pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner tertutup untuk data kecemasan dan kecerdasan emosional, sedangkan pada data hasil belajar mata kuliah wajib prodi dengan studi dokumenter. Uji coba instrumen dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2020 dengan jumlah responden 30 mahasiswa. Sampel yang digunakan yaitu dengan total sampling mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2019 sampai dengan 2021 yang berjumlah 185 mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh negatif kecemasan terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS; (2) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS; (3) terdapat pengaruh antara kecemasan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata kuliah wajib prodi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS. Hasil R Square sebesar 0,589 dengan sumbangan efektif yang diperoleh kecemasan terhadap hasil belajar 42,65% dan kecerdasan emosional terhadap  hasil belajar sebesar 16,2%.

 

×
Penulis Utama : Anisa Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519011
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Kecemasan dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Wajib Prodi pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kecemasan, kecerdasan emosional, hasil belajar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
2. Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Indah Widiastusi, S.T., M.Eng.
2. Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.