Penulis Utama : Aprilia Cipta Ningtyas
NIM / NIP : B0219010
×

Aprilia Cipta Ningtyas. B0219010. 2023. “Pergeseran dan Perubahan Makna untuk Menciptakan Humor dalam Komik Strip di Instagram”. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini membahas dua permasalahan, yaitu: (i) bagaimana wujud pergeseran makna untuk menciptakan humor dalam dialog komik strip di Instagram?; dan (ii) bagaimana wujud perubahan makna untuk menciptakan humor dalam dialog komik strip di Instagram?

Tujuan dari dilakukannya penelitian adalah: (i) mendeskripsikan wujud pergeseran makna untuk menciptakan humor dalam dialog komik strip di Instagram; dan (ii) mendeskripsikan wujud perubahan makna untuk menciptakan humor dalam dialog komik strip di Instagram.

Jenis penelitian adalah kualitatif berbentuk deskriptif. Data yang dipakai berupa dialog dalam komik strip yang mengandung pergeseran dan perubahan makna. Sumber data adalah komik strip dengan jenis humor di media sosial Instagram @tahilalats, @komikdimsum, dan @komikape pada bulan Januari tahun 2022 sampai dengan bulan Januari tahun 2023. Metode dan teknik penyediaan data menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode analisis datanya adalah metode padan dengan alat penentu referensi. Teknik dasar yang dipakai adalah teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP. Teknik lanjutan berupa teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Teknik lanjutan yang digunakan setelah membandingkan persamaan dan perbedaan referen adalah teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP).

Hasil analisis data adalah: (i) Pergeseran makna untuk menciptakan humor pada dialog komik strip ditemukan sebanyak 51 data dan dibedakan menjadi enam jenis berdasarkan teori dari Nick Riemer (2010), yaitu generalization atau perluasan, specialization atau penyempitan, ameliorization atau ameliorasi, pejorization atau peyorasi, metonymy atau metonimia, dan metaphor atau metafora. Jenis pergeseran makna yang banyak dipakai generalization dan jenis paling sedikit adalah ameliorization; (ii) Perubahan makna ditemukan sebanyak 109 data. Jenis perkembangan makna yang paling banyak dipakai untuk menciptakan humor adalah generalization dan pejorization. Makna tambahan yang diberikan oleh penggunaan perluasan makna menyebabkan komik memiliki elemen plot twist sehingga tercipta rasa humor. Pejorization atau peyorasi banyak ditemukan karena jenis humor bagi kalangan orang dewasa mengandung proyeksi tingkah absurd yang menimbulkan humor bagi pembacanya. Jenis perubahan makna yang sedikit dipakai specialization atau penyempitan.

×
Penulis Utama : Aprilia Cipta Ningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219010
Tahun : 2023
Judul : Pergeseran dan Perubahan Makna untuk Menciptakan Humor dalam Komik Strip di Instagram
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pergeseran makna; perubahan makna; komik humor
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.