Penulis Utama : Ummaya Lathifa Hasna
NIM / NIP : K7618084
×

Ummaya Lathifa Hasna. K7618084. Pembimbing I: Dr. Mintasih Indriayu, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Sudarno, M. Pd. PENGARUH PERSEPSI PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT SISWA SMA MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI PADA SEKOLAH SWASTA KECAMATAN SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei, 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi pendapatan orang tua terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi; (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi; dan (3) pengaruh persepsi pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data primer yang digunakanyaitu hasil dari penyebaran kuesioner melalui googleform di SMA Veteran 1 Sukoharjo dan SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Sumber data sekunder yang digunakan yaitu hasil wawancara dengan dua wakil kepala sekolah SMA Veteran 1 Sukoharjo dan SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo serta data jumlah kelulusan tahun 2020 dan 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik problability sampling sedangkanteknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus pearson atau teknik korelasi product moment, sedangkanuji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha (?). Untuk analisis data dilakukan secara komputerisasi dengan bantuan aplikasi SPSS untuk melakukan analisis secara statistik.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dari variabel persepsi pendapatan orang tua terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi di SMA Veteran 1 Sukoharjo dan SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo; (2) tidak terdapat pengaruh dari variabel lingkungan sosial  terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi di SMA Veteran 1 Sukoharjo dan SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo; dan (3) Terdapat pengaruh secAra stimultan dari variabel persepsi pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi di SMA Veteran 1 Sukoharjo dan SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo.

Kata Kunci: persepsi, pendapatan, lingkungan sosial, minat siswa, perguruan tinggi.

×
Penulis Utama : Ummaya Lathifa Hasna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7618084
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Persepsi Pendapatan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa SMA Melanjutkan Perguruan Tinggi Pada Sekolah Swasta Kecamatan Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : persepsi, pendapatan, Lingkungan Sosial, Minat Siswa, Perguruan Tinggi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Dr. Sudarno, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Khresna Bayu Sangka, S.E., M.M., Ph.D., C
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.