Penulis Utama : Rizky Prananda
NIM / NIP : K2519077
×

Rizky Prananda. K2519077. Pembimbing I: Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng. Pembimbing II: Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T. OPTIMASI SIFAT MEKANIK KOMPOSIT RECYCLED POLYPROPYLENE BERPENGUAT KAYU ULIN MENGGUNAKAN METODE GREY - TAGUCHI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimasi komposisi material dan parameter compression moulding yaitu, kayu ulin, Maleic Anhydrat Grafted Polypropylene (MAPP), moulding temperature, dan pressure holding time terhadap maksimasi sifat mekanik tensile strength dan modulus elastisitas komposit recycled polypropylene berpenguat serbuk kayu ulin.
Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Taguchi orthogonal L9 eksperimen desain grey relation analysis. Pada penelitian ini komposisi kayu ulin yang dipakai yakni 10 %, 20 %, dan 30 %. Sedangkan komposisi MAPP yang dipakai yakni 0 %, 3 %, dan 5 %. Kemudian moulding temperature yang dipakai yakni 165?, 175?, dan 185? dengan pressure holding time 3 menit, 6 menit dan 9 menit. Pada penelitian ini dilakukan pengujian tarik sesuai dengan standar ASTM D 638 tipe V berbentuk dog bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan kekuatan tarik yang maksimal, parameter yang paling berpengaruh signifikan adalah moulding temperature 61,20 % dengan variasi komposisi dan parameter optimum kayu ulin 10 %, MAPP 3 %, moulding temperature 165?, dan pressure holding time 9 menit. Kemudian untuk mendapatkan modulus elastisitas yang maksimal, parameter yang paling berpengaruh signifikan adalah kayu ulin 53,03 % dengan variasi komposisi dan parameter optimum kayu ulin 10 %, MAPP 0 % dan 5%, moulding temperature 175?, dan pressure holding time 3 menit. Sedangkan berdasarkan grey relation analysis variasi komposisi dan parameter optimum untuk kekuatan tarik dan modulus elastisitas yakni dengan kayu ulin 10 %, MAPP 3 %, moulding temperature 165?, dan pressure holding time 9 menit dengan parameter yang paling berpengaruh signifikan terhadap kekuatan tarik dan modulus elastisitas berdasarkan grade adalah kayu ulin 52,22 %. Bahan yang terdiri dari recycled polypropylene dan limbah serbuk kayu ulin dapat dianggap sebagai bahan berkelanjutan yang menjanjikan untuk aplikasi yang berhubungan dengan teknik.

×
Penulis Utama : Rizky Prananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519077
Tahun : 2023
Judul : Optimasi Sifat Mekanik Komposit Recycled Polypropylene Berpenguat Kayu Ulin Menggunakan Metode Grey - Taguchi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Recycled Polypropylene, Kayu Ulin, MAPP, Metode Taguchi, Grey Relation Analysis, Compression Moulding, Tensile Strength, Modulus Elastisitas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
2. Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
Penguji : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T.
2. Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.