Penulis Utama : Gantar Rina Dewi Pramushinta
NIM / NIP : G0018087
×

Pendahuluan: Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada perguruan tinggi. Mahasiswa dalam tahap perkembangannya digolongkan sebagai remaja akhir yang memasuki dewasa awal yaitu usia 18-24 tahun. Tuntutan dan tugas perkembangan mahasiswa muncul dikarenakan adanya perubahan yang terjadi pada beberapa aspek fungsional individu, yaitu fisik, psikologis dan sosial. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan. Terdapat dua faktor yang memengaruhi munculnya prokrastinasi pada mahasiswa maupun pelajar umumnya. Faktor pertama adalah faktor internal, merupakan faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri, meliputi kondisi fisik dan psikologis. Faktor kedua adalah faktor ekternal, merupakan faktor penyebab yang berasal dari luar diri individu, meliputi gaya pengasuhan orang tua serta kondisi lingkungan yang rendah pengawasan, Kecemasan akademik juga muncul akibat dari teguran dari dosen, orang tua dan rekan-rekan tentang kegagalan melaksanakan tanggung jawab. Oleh karena itu, berdasarkan dari uraian di atas, peneliti ingin mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan prokrastinasi akademik mahasiswa FK UNS angkatan 2019.

Metode: Metode penelitian yang digunakan merupakan metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Prodi S1 Kedokteran UNS angkatan 2019 yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi tertentu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner TMAS dan kuesioner prokastinasti. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji korelasi sperman rho.

Hasil: Hasil yang dianalisis dari 62 responden dengan uji Validitas dan Realibilitas TMAS data didapatkan nilai koefisien yaitu 0,445-0,918 dan 0,969. Uji Validitas dan Uji Realibilitas Prokrastinasi didapatkan nilai koefisien yaitu 0,550-0,968 dan 0,964.Sehingga data dinyatakan koefisien.

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dengan arah korelasi yang positif antara tingkat kecemasan dan prokastinasti akademik pada mahasiswa FK UNS angkatan 2019. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan individu makin tinggi tingkat prokastinasti individu.

Kata Kunci: Kecemasan, Prokrastinasi dan TMAS.

 

×
Penulis Utama : Gantar Rina Dewi Pramushinta
Penulis Tambahan : 1. drs hardjono, M.Si
2. Dr. Anik Lestari, dr., M.Kes
NIM / NIP : G0018087
Tahun : 2023
Judul : HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET ANGKATAN 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Kecemasan, Prokrastinasi dan TMAS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.uns.ac.id/pmj/authorDashboard/submission/801#publication
Status : Public
Pembimbing : 1. drs Hardjono,M.Si
Penguji : 1. prof. Dr. H. Endang Sutisna Sulaeman, dr., M.Kes.
Catatan Umum : baik
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.