Penulis Utama : Aisha Shafa Mijselea
NIM / NIP : B0518002
×

ABSTRAK

 

Aisha Shafa Mijselea. NIM B0518002. Analisis Teknik dan Metode Penerjemahan Makna Charf Jar Ba’ dalam Al-Qur’an Juz 28. Skripsi Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini menyajikan pembahasan mengenai charf jar Ba’ di dalam Al-Qur’an, khususnya yang terdapat pada surat-surat juz 28. Hal ini dikarenakan juz 28 Al-Qur’an memiliki 67 kalimat yang mengandung charf jar ba’ dengan makna serta fungsi yang beragam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Variasi makna charf jar Ba’ yang terdapat pada 67 kalimat dalam surat-surat juz 28 Al-Qur’an. (2) Teknik penerjemahan charf jar Ba’ yang terdapat pada 67 kalimat dalam surat-surat juz 28 Al-Qur’an.

Objek formal penelitian ini adalah charf jar Ba’ sedangkan objek materialnya yakni Al-Qur’an juz 28 dan terjemahannya, yang kemudian dipilah kembali menggunakan teori makna charf jar Ba’ milik Hisyam dan teori teknik penerjemahan milik Molina dan Albir.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data penelitian yakni charf jar Ba’ dan makna yang muncul berdasarkan susunan dan konteksnya di dalam ayat. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data yang memiliki dua aspek, yakni analisis dokumen yang terdiri dari tiga langkah; (a) melakukan reduksi data yang berbentuk kalimat menjadi data yang berbentuk charf ba’  saja, (b) melakukan penyajian data yang berhasil didapatkan dalam bentuk narasi, (c) penarikan kesimpulan dan klasifikasi data berdasarkan makna charf jar Ba’ dan teknik terjemahannya. Data-data yang dihasilkan dalam penelitian ini kemudian disajikan ke dalam bentuk uraian narasi.

Penelitian ini memuat 76 data makna charf jar Ba’ dengan rincian sebagai berikut : (1) terdapat 7 makna charf jar Ba’ dalam Al-Qur’an juz 28, Al-Muja?wazah (melampaui/tentang) berjumlah 20 data (26.31%), Al-Gh?yah (sampai/hingga) berjumlah 21 data (27.63%), Al-Isti’a% danah (alat bantu) berjumlah 15 data (19.73%), Al-Isti’la?` (di atas/terhadap) berjumlah 9 data (11.84%), As-Sababiyah (sebab) berjumlah 7 data (9.21%), Al-Musha?chabah (berteman/sama) berjumlah 3 data (3.95%), dan Azh-Zharfiyah (keterangan) berjumlah 1 data (1.32%) , (2) terdapat 3 teknik penerjemahan yang digunakan, reduksi dengan 25 data (32.89%), penerjemahan harfiah dengan 12 data (15.79%), dan padanan lazim dengan 39 data (51.31%), (3) terdapat 4 buah metode penerjemahan yang digunakan dalam 67 data dengan rincian penerjemahan idiomatik berjumlah 34 data (50.75%), penerjemahan harfiah berjumlah 3 data (4.48%), penerjemahan bebas berjumlah 25 data (37.31%), dan penerjemahan kata-demi-kata yang berjumlah 5 data (7.46%).

 

×
Penulis Utama : Aisha Shafa Mijselea
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0518002
Tahun : 2023
Judul : Analisis Teknik dan Metode Penerjemahan Makna Charf Jar Ba' dalam Juz 28 Al-Qur'an
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Makna charf jar Ba’, Al-Qur’an juz 28, teknik penerjemahan, metode penerjemahan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Malik, S.S., M.A.
2. Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S., M.A.
Penguji : 1. Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D.
2. Dr. Khabibi Muhammad Luthfi, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.