Penulis Utama : Hazlina Karinda
NIM / NIP : K3117034
×

Hazlina Karinda. HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN SELF-ESTEEM SISWA SMP NEGERI 1
RANTAU PULUNG, KUTAI TIMUR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat intensitas penggunaan media sosial Instagram siswa, (2) mendeskripsikan tingkat self-esteem siswa, dan (3) menganalisis hubungan intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan self-esteem pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung, Kutai Timur kelas VIII dan IX yang berjumlah 182 siswa. Perhitungan menggunakan rumus Slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 125 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, didapatkan hasil sampel per angkatan kelas VIII sebanyak 60 siswa dan kelas IX sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Skala Self-esteem dengan kategori jawaban menggunakan skala Likert. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung memiliki tingkat intensitas penggunaan Instagram yang rendah yaitu sebanyak 48%, tingkat self-esteem siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung mayoritas sedang sebanyak 80%. Hasil analisis inferensial menunjukkan koefisien korelasi sebesar -
0.050 dengan signifikansi 0.580 > 0.05 artinya tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan self-esteem pada siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan self-esteem pada siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung, Kutai Timur. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan faktor lain yang mempengaruhi self-esteem seperti faktor pengalaman, pola asuh dan sosial ekonomi yang perlu untuk dikaji lebih lanjut oleh peneliti selanjutnya. Guru BK dapat mengupayakan layanan preventif berupa bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok yang membahas tentang pentingnya membangun self-esteem di usia remaja dan juga dapat memberikan layanan kuratif berupa konseling individu maupun konseling kelompok kepada siswa yang memiliki self-esteem rendah.

×
Penulis Utama : Hazlina Karinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117034
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Self-esteem Siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung, Kutai Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : intensitas penggunaan media sosial Instagram, self-esteem, siswa SMP.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma'rifatin Indah Kholili, M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.