Penulis Utama : Moh Rizwan Rizal
NIM / NIP : H0419053
×

Moh Rizwan Rizal. H0419053. Motivasi Petani dalam Budidaya Padi Varietas Rojolele Srinuk di Kabupaten Klaten. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr.Ir. Sugihardjo M.S dan Putri Permatasari, S.P., M.Si. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pengembangan padi yang cukup terkenal di Kabupaten Klaten adalah padi varietas rojolele srinuk. Padi varietas rojolele srinuk menjadi identitas Kabupaten Klaten karena memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki keistimewaan rasa yang pulen, gurih, dan beraroma wangi dibandingkan dengan beras lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengkaji tingkat motivasi petani dalam budidaya padi varietas Rojolele Srinuk di Kabupaten Klaten. 2) Mengetahui faktor-faktor pembentuk motivasi petani dalam budidaya padi varietas Rojolele Srinuk di Kabupaten Klaten. 3) Menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk motivasi dengan tingkat motivasi petani dalam budidaya padi varietas Rojolele Srinuk di Kabupaten Klaten.

Metode dasar penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive di Kabupaten Klaten. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor internal pembentuk motivasi petani dalam budidaya padi varietas rojolele srinuk adalah umur dengan kategori lansia awal, pendidikan formal dengan kategori tinggi, pendidikan nonformal dengan kategori sering, luas lahan dengan kategori cukup luas, jumlah anggota keluarga dengan kategori banyak, pendapatan dengan kategori tinggi, dan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dengan kategori banyak, lingkungan ekonomi dengan kategori jarang, 2) motivasi petani dalam budidaya padi varietas rojolele srinuk dilihat dari kebutuhan yang mendasarinya yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri dengan kategori baik, 3) faktor internal dan eksternal pembentuk motivasi petani memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi petani dalam budidaya padi varietas rojolele srinuk di Kabupaten Klaten adalah umur, pendidikan nonformal, luas lahan, lingkungan sosial dan lingkungan ekonomi, , sedangkan tidak memiliki hubungan signifikan adalah pendidikan formal, jumlah anggota keluarga dan pendapatan.

×
Penulis Utama : Moh Rizwan Rizal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0419053
Tahun : 2023
Judul : Motivasi Petani Dalam Budidaya Padi Varietas Rojolele Srinuk Di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Motivasi, Petani, Padi Varietas Rojolele Srinuk
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/article/view/26660
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Ir. Sugihardjo M.S
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Suwarto, M. Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.