Penulis Utama : Johan Farhan Nugroho
NIM / NIP : O0119058
×

 

Johan Farhan Nugroho. O0119058. PENGARUH METODE LATIHAN JARAK BERTAHAP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SERVIS TENIS LAPANGAN PADA PETENIS JUNIOR GAJAH MUNGKUR TENIS CLUB WONOGIRI TAHUN 2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode latihan jarak bertahap terhadap dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar servis tenis lapangan pada petenis junior Gajah Mungkur Tenis Club.

Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain one group pretst and posttest design. Perlakuan dalam penelitian ini mengunakan metode latihan jarak bertahap dengan 16 kali perlakuan selama 6 minggu. Sampel seluruh petenis junior puta dan putri anggota club Gajah Mungkur Tenis Club Wonogiri yang berjumlah 15 petenis maka dari itu teknik pengambilan sampel penelitian ini mengunakan sampling quota. Kemampuan servis tenis diukur mengunakan The Hewitt's Tennis Achievement Test (the Hewitt service placement test) sebelum (prestest) dan sesudah (posttest).Analisis data mengunakan statistic diskriptif dan uji-t paired t-test dimana dalam penelitian ini mendapatkan dua data berpasangan dari satu grup dan digunakan untuk membandingkan ada tidaknya pengaruh yang ditimbulkang dari perlakuan yang diberikan.

Hasil penelitian ini didapatkan nilai pretest servis kanan dan kiri dengan nilai rata-rata pretest servis kanan 11,7333 dan nilai rata-rata pretest servis kiri 9,0667. Dan didapatkan pula nilai  rata rata posttest servis kanan 19,0000 dan nilai pretest servis kiri 12,9333. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa metode latihan Jarak Bertahap terbukti berpengaruh dalam peningkatan penguasaan teknik dasar  servis tenis lapangan pada Petenis Junior Gajah Mungkur Tenis Club Wonogiri. Dibuktikan dengan hasil uji beda mengunakan uji T/two sampel t test didapatkan nilai uji servis kanan dan kiri sebesar 0,00 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05. Pengambilan keputusan itu didasari dari jika p< 0>

 

×
Penulis Utama : Johan Farhan Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0119058
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Metode Latihan Jarak Bertahap Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Servis Tenis Lapangan pada Petenis Junior Gajah Mungkur Tenis Club Wonogiri Tahun 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : latihan jarak bertahap, tenis lapangan, servis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
2. Ahmad Septiandika Adirahma.,S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
2. Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.