Penulis Utama : Khusnul Khotimah
NIM / NIP : K7119139
×

Khusnul Khotimah. UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS V SDN 3 KALIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CLIS dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo Kebumen tahun ajaran 2022/2023; (2) Menganalisis penerapan model pembelajaran CLIS dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo Kebumen tahun ajaran 2022/2023; (3) Menganalisis dampak pengiring terhadap penerapan model pembelajaran CLIS dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Kalirejo Kebumen tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 35 dengan rincian 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan teknik non tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah penerapan model pembelajaran CLIS dalam penelitian ini yaitu orientasi, pemunculan gagasan, penyusunan ulang gagasan, penerapan gagasan, dan pemantapan gagasan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, menunjukkan bahwa rata-rata persentase pelaksanaan guru dalam penerapan model CLIS sebesar 88,05% dan pada siswa sebesar 89,53%; (2) Penerapan model CLIS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Kerjasama selama pembelajaran IPA mengalami peningkatan berupa siswa saling ketergantungan positif, komunikasi antaranggota, tanggungjawab dalam mengerjakan tugas, dan saling menghargai pendapat orang lain. Hasil belajar selama pembelajaran IPA mengalami peningkatan, persentase hasil pada siklus I sebesar 57,14%, siklus II sebesar 77,14%, dan siklus III sebesar 88,57%; (3) Dampak pengiring penerapan model CLIS pada siswa diukur melalui lembar observasi dan wawancara meningkat dari siklus I hingga siklus III. Peningkatan terjadi pada aspek respon siswa, percaya diri, serta kerjasama. Rata-rata persentase yang dicapai sebesar 88,42%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model CLIS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SDN 3 Kalirejo Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Khusnul Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119139
Tahun : 2023
Judul : Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas V SDN 3 Kalirejo Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Children Learning In Science (CLIS); Kerjasama; Hasil Belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.