Penulis Utama : Ratna Wijayanti
NIM / NIP : K4219062
×

Ratna Wijayanti. K4219062. Pembimbing I: Dr. Astiana Ajeng Rahadini, S. Pd., M. Pd.Pembimbing II: Dr. Djoko Sulaksono, S. Pd., M. Pd. MEDHIA PASINAON KALIGRAFI SAJRONING MODHEL PASINAON PjBL MINANGKA UPAYA NGUNDHAKAKE MINAT SISWA LAN KAPRIGELAN NULIS AKSARA JAWA ING SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2023.  
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui model pembelajaran project based learning dan media pembelajaran kaligrafi aksara Jawa bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dan (2) mengetahui model pembelajaran project based learning dan media pembelajaran kaligrafi aksara Jawa bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian berasal dari wawancara informan terhadap guru Bahasa Jawa dan siswa, dokumen hasil pre test, post test Siklus I dan Siklus II, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus dan hasil observasi kegiatan belajar di kelas. Tatacara pengumpulan data berasal dari hasil analisis dokumen (siswa, Rencana Pelaksaan Pembelajaran, Silabus), analisis hasil pekerjaan siswa, hasil obsevasi dan wawancara. Tata uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan metode. Selain itu, analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif komparatif. Sehingga bisa dketahui hasil dari penelitian ini. Pertama, pembelajaran menulis aksara Jawa dilakukan dengan menggunakan model project based learning dan kaligrafi aksara Jawa. Siswa melaksanakan langkah pembelajaran dimulai dari menyusun rencana sampai dengan laporan hasil karya. Dalam pembelajaran, siswa mempunyai peningkatan miat terhadap penulisan aksara Jawa dengan menggunakan media kaligrafi aksara Jawa. Kedua, pembelajaran yang dilakukan dengan senang hati akan mengahasilkan pembelajaran yang lebih baik. Hasil keterampilan menulis paragraf aksara Jawa lebih baik dari pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran project based learning dan media kaligrafi aksara Jawa.  
Kata kunci: aksara Jawa, project based learning, kaligrafi. 

×
Penulis Utama : Ratna Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219062
Tahun : 2023
Judul : MEDHIA PASINAON KALIGRAFI SAJRONING MODHEL PASINAON PjBL MINANGKA UPAYA NGUNDHAKAKE MINAT SISWA LAN KAPRIGELAN NULIS AKSARA JAWA ING SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : aksara jawa, project based learning, kaligrafi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum
2. Prima Veronika, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.