Penulis Utama : Pramudhita Restilianingrum Prayoga
NIM / NIP : V0720066
×

Pramudhita Restilianingrum Prayoga. V0720066. Pengawasan Kearsipan Internal sebagai Upaya Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik dan Terpercaya di Kabupaten Kebumen.Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2023. 157 halaman.

 

Harapan pemerintah dalam kegiatan berbangsa dan bernegara yakni terciptanya birokrasi yang bersifat akuntabel. Birokrasi merupakan instrumen yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa dengan tujuan logis bahwa setiap negara memiliki misi untuk mensejahterakan rakyatnya (Yusriadi, 2018). Namun, kenyataan dalam penyelenggaraan birokrasi dirasa masih kurang optimal. Sehingga diperlukan gebrakan baru yang disebut dengan reformasi birokrasi. Reformasi diartikan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk memastikan adanya perbaikan tata kelola pemerintah sebagai upaya pembaharuan sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama aspek pelayanan prima dengan tujuan mendukung setiap lembaga untuk kompak menyadari dan melakukan fungsinya dengan baik. Indikator penilaian reformasi birokrasi salah satunya pengelolaan kearsipan yang baik dengan menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya dengan dilangsungkannya pengawasan kearsipan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan mengenai keberjalanan pengawasan kearsipan internal di Kabupaten Kebumen.

Metode pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi berperan serta. Deskriptif kualitatif yakni pengamatan yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data-data (Moleong, 2017). Observasi berperan serta adalah observasi yang melibatkan pengamat dengan kegiatan yang sedang diamati. Dalam proses pengumpulan data tersebut menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, mengkaji dokumen dan arsip, serta perekaman.

Kesimpulan dari hasil pengamatan ini menunjukan nilai akhir hasil pengawasan dari Tahun 2021 dengan nilai 57,68 (Cukup) ke Tahun 2022 dengan nilai 71,80 (Sangat Baik). Peningkatan ini juga berkaitan dengan hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi di Kabupaten Kebumen mengenai aspek kualitas pengelolaan arsip, dengan perolehan nilai 88,92 di Tahun 2022,  dari yang sebelumnya di Tahun 2021 memperoleh nilai 80,23. Dengan demikian, pelaksanan pengawasan kearsipan internal di Kabupaten Kebumen ini berusaha merealisasikan dan menjamin ketersediaan arsip yang berkualitas, yakni arsip yang autentik dan terpercaya.

×
Penulis Utama : Pramudhita Restilianingrum Prayoga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720066
Tahun : 2023
Judul : Pengawasan Kearsipan Internal sebagai Upaya Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik dan Terpercaya di Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kearsipan, Pengawasan, Reformasi Birokrasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.