Penulis Utama : Zaiful Hidayat
NIM / NIP : K7119287
×

Zaiful Hidayat. K7119287. Pembimbing I: Dr. Moh Salimi, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suhartono, M.Pd. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BENDOGARAP TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.
Tujuan penelitian yaitu: mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dengan media konkret.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas III SD Negeri Bendogarap. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2022/2023 yaitu: (a) stimulasi dengan media konkret, (b) identifikasi masalah, (c) pengumpulan data dengan media konkret, (d) pengolahan data, (e) pembuktian dengan media konkret, (f) penarikan kesimpulan; (2) penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2022/2023 dengan hasil observasi terhadap guru pada siklus I = 81,83%, siklus II = 87,15%, dan siklus III = 92,82%, serta hasil observasi terhadap siswa pada siklus I = 81,13%, siklus II = 86,46%, dan siklus III = 91,20%, hasil belajar pada siklus I = 73,08%, siklus II = 84,62%, dan siklus III = 92,31%; (3) kendala dalam penelitian yaitu: : a) rincian kegiatan tidak tersampaikan dengan rinci karena kondisi siswa yang kurang kondusif, (b) siswa belum aktif menanggapi diskusi dalam kelompok maupun presentasi dari kelompok lain karena siswa belum percaya diri dan takut pendapatnya salah, (c) siswa malu-malu ketika presentasi di depan kelas karena belum mengetahui cara presentasi yang baik, (d) beberapa siswa pasif dalam kegiatan tanya jawab karena kurang memahami permasalahan yang disajikan, (e) siswa tidak mencatat kesimpulan karena estimasi waktu tidak sesuai, waktu untuk diskusi kurang optimal. Solusi dari kendala tersebut yakni: (a) guru memaparkan rincian kegiatan dengan dikaitkan pengalaman agar siswa lebih antusias, (b) guru memberikan motivasi kepada siswa agar percaya diri dan berani menyampaikan tanggapan, (c) guru memberikan bimbingan dan apresiasi kepada siswa ketika mempresentasikan hasil diskusi, (d) guru memberikan penjelasan lebih rinci mengenai permasalahan yang disajikan, (e) guru lebih tegas berkaitan dengan waktu pada setiap kegiatan pembelajaran. 
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci: Discovery Learning, media konkret, matematika

 

×
Penulis Utama : Zaiful Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119287
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas III SD Negeri Bendogarap Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Discovery Learning, media konkret, matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh Salimi, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.