Penulis Utama : Afi Imroatul Mufidah
NIM / NIP : K1219002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) diksi, (2) majas, (3) citraan, (4) nilai pendidikan karakter pada lirik lagu album Atma karya Soegi Bornean, dan (5) relevansinya sebagai bahan ajar teks tanggapan di SMP. Adanya pandemi COVID berdampak besar pada bidang pendidikan, yakni menurunnya semangat belajar dan karakter yang dimiliki siswa. Di sisi lain, siswa di zaman sekarang cenderung kurang tertarik untuk mengapresiasi karya-karya sastra yang ada karena mereka kurang mengenalnya. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran dengan bahan ajar yang dekat dengan siswa sehingga mampu meningkatkan semangat belajar dan karakternya, serta relevan dengan pembelajaran yang ada di sekolah seperti penggunaan bahan ajar lirik lagu sebagai bahan ajar materi teks tanggapan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini berupa lirik lagu album Atma karya Soegi Bornean yang mengandung unsur stilistika berupa diksi, majas, dan citraan, serta nilai-nilai pendidikan karakter. Selain itu, masih terdapat data lain berupa pernyataan informan terkait bahasan penelitian yang diperoleh melalui wawancara. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber primer berupa dokumen, yakni lirik lagu-lagu yang terdapat pada album Atma karya Soegi Bornean, buku dan jurnal yang membahas mengenai stilistika dan nilai-nilai pendidikan karakter, dan sumber data lain berupa informan, yakni seorang guru bahasa Indonesia dan tiga orang siswa kelas IX SMP. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan teknik triangulasi data. 
Hasil penelitian ini menemukan adanya penggunaan diksi, majas, dan citraan yang mengandung nilai estetis dan spesifik, serta nilai pendidikan karakter yang dapat diteladani oleh siswa dengan total keseluruhan data sebanyak 225 temuan yang terdiri atas (1) diksi sebanyak 91 (40,44%) temuan yang didominasi oleh nama diri sebanyak 54 (24%) dan kata serapan sebanyak  6 (2,67%), (2) majas sebanyak 34 (15,11%) temuan yang didominasi oleh personifikasi sebanyak 21 (9,33%), metafora sebanyak 8 (3,56%), dan simile sebanyak 5 (2,22%), (3) citraan sebanyak 73 (32,44%) temuan yang didominasi oleh kinestetik sebanyak 29 (12,89%), visual sebanyak 23 (10,22%), dan auditoris sebanyak 21 (9,33%), (4) nilai pendidikan karakter sebanyak 27 (12%) temuan yang didominasi oleh religius sebanyak 15 (6,67%), integritas sebanyak 8 (3,55%), dan mandiri sebanyak 4 (1,78%), serta (5) relevansi hasil penelitian terkait lirik lagu album Atma sebagai bahan ajar yang baik, khususnya dikaitkan dengan materi teks tanggapan. Simpulannya, unsur yang paling dominan digunakan oleh pengarang adalah diksi, yakni kata khas nama diri aku sebanyak 45 (20%) temuan yang menunjukkan bahwa pengarang lagu ingin menekankan tokoh utama dalam lagu-lagunya secara spesifik dan lagu-lagu yang terdapat pada album Atma karya Soegi Bornean terbukti relevan untuk dijadikan sebagai bahan ajar yang baik, khususnya terkait materi teks tanggapan di SMP.

×
Penulis Utama : Afi Imroatul Mufidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1219002
Tahun : 2023
Judul : Lirik Lagu Album Atma Karya Soegi Bornean: Analisis Stilistika, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Tanggapan di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : stilistika; nilai pendidikan karakter; lagu; bahan ajar; teks tanggapan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://anufa-ikaprobsi.org/index.php/anufa/authorDashboard/submission/14
Link DOI : https://anufa-ikaprobsi.org/index.php/anufa/authorDashboard/submission/14
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Ari Suryawati Secio Chaesar, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Dr. Chafit Ulya, M.Pd.
Catatan Umum : Link jurnal tidak sesuai, mohon segera dilakukan update
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.