Penulis Utama : Yohana Eva Mau Kasi
NIM / NIP : S891908023
×

Peran orang tua dalam keterlibatannya di sekolah dan di rumah merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam memetakan prestasi belajar bahasa Inggris anak dan mengungkap strategi yang digunakan orang tua yang melibatkan diri dalam prestasi belajar anak. Penelitian ini mengeksplorasi peran orang tua sebagai intervensi peran orang tua terhadap keterlibatannya di rumah dan di sekolah serta gap kebijakan dimana peran dan keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor yang membantu dan mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris anaknya.
Desain penelitian adalah studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah orang tua, kepala sekolah, guru bahasa Inggris dan siswa SMP Swasta di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Peneliti melakukan observasi online, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Model interaktif digunakan sebagai analisis data, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keikutsertaan orang tua siswa SMP Swasta tersebut masih sangat dibutuhkan karena beberapa siswa masih membutuhkan peran orang tua saat belajar dari rumah. Untuk itu, orang tua perlu mengontrol dan mengingatkan anaknya tentang tugas-tugas yang diberikan oleh guru bahasa Inggris dan memfasilitasi anaknya dalam mengerjakan tugas bahasa Inggris. Orang tua perlu mengecek hasil belajar bahasa Inggris anaknya, terutama saat anaknya belajar dari rumah, karena bisa memantau perkembangan pembelajaran bahasa Inggris anaknya. Strategi yang digunakan orang tua untuk berpartisipasi dalam pendidikan anak-anaknya adalah dengan menjaga komunikasi yang baik dengan sekolah, mengikuti program sekolah, dan berpartisipasi aktif dalam program yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru terhadap sistem pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Pertama pada umumnya. Hal ini dapat dijadikan sebagai strategi bagi guru untuk selalu melibatkan orang tua dalam pendidikan bahasa Inggris siswa karena siswa adalah tanggung jawab guru dan orang tua. Penelitian ini juga memberikan pemahaman baru tentang betapa pentingnya peran orang tua untuk terlibat dalam pendidikan siswa, terutama dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Keterlibatan orang tua diyakini memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Strategi, Pencapaian Belajar Bahasa Inggris

 

×
Penulis Utama : Yohana Eva Mau Kasi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891908023
Tahun : 2021
Judul : Parents’ Roles in Mapping Private Junior High School Students’ English Learning Achievements
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S891908023
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd.
2. Dr. Abdul Asib, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.