Penulis Utama : Aryawan
NIM / NIP : B0419007
×

Penelitian ini membahas mengenai Dinamika Olahraga Anggar di Surakarta Tahun 2009-2021. Permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah latar belakang munculnya olahraga anggar di Surakarta, bagaimanakah dinamika pengembangan olahraga anggar di Surakarta tahun 2009-2021, serta bagaimanakah kondisi kepelatihan dan torehan prestasi yang dicapai oleh olahraga anggar Surakarta. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan pada permasalahan penelitian di atas yaitu untuk mengetahui latar belakang munculnya olahraga anggar di Surakarta, mengetahui pengembangan dari olahraga anggar di Surakarta, serta mengetahui kondisi kepelatihan dan torehan prestasi dari olahraga anggar di Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahapan heuristik yang digunakan dalam pengumpulan data, kritik sumber sebagai upaya untuk memilah sumber data yang diperoleh, interpretasi sebagai upaya menganalisis data, dan historiografi atau penulisan tulisan sejarah berdasar data sebagai hasil akhir dari tahapan yang telah dilakukan.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu olahraga anggar di Surakarta berkembang sejak sebelum kemerdekaan Indonesia melalui Legiun Mangkunegaran dan olahraga ini terus eksis di awal kemerdekaan hingga akhirnya dikenal masyarakat sipil. Pada tahun 2009, olahraga anggar di Surakarta bangkit dengan munculnya kekuatan baru melalui pengembangan baru olahraga anggar di Kota Surakarta yakni melalui hadirnya klub anggar di Surakarta dan  organisasi anggar Surakarta. Kepelatihan yang terbentuk menghadirkan atlet yang kemudian mampu menorehkan prestasi secara konsisten hingga tahun 2021. 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah olahraga anggar di Kota Surakarta pada mulanya berkembang melalui hadirnya Legiun Mangkunegaran dengan pelatihan anggar kepada tiap tentara mereka. Hadirnya berbagai kegiatan olahraga di Surakarta sebelum maupun sesudah kemerdekaan turut memperkenalkan olahraga anggar ke masyarakat. Perkembangan anggar di Surakarta tidak menunjukkan adanya kemajuan hingga tahun 2009 anggar Surakarta mulai mengalami kebangkitan dengan berbagai upaya pengembangan yang dilakukan hingga tahun 2021 diantaranya munculnya klub anggar, munculnya organisasi, dan adanya program olahraga anggar yang masuk ke ranah sekolah melalui program Kelas Khusus Olahraga dan ekstrakurikuler. Pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan kemajuan pesat dengan didukung sistem kepelatihan yang baik sehingga dari tahun 2009 hingga 2021 tim anggar Surakarta mampu menorehkan prestasi dari berbagai tingkatan kejuaraan dan mencetak atlet anggar berprestasi untuk menjaga eksistensi olahraga ini di Surakarta. 

×
Penulis Utama : Aryawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0419007
Tahun : 2023
Judul : Dinamika Olahraga Anggar di Surakarta Tahun 2009-2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Anggar, Pengembangan Olahraga, Kepelatihan, Prestasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum.
2. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dra. Isnaini Wijaya Wardani, M.Pd.
2. Dr. Asti Kurniawati, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.